PERAMALAN POLA PERMINTAAN KANTONG DARAH DI PALANG MERAH INDONESIA (PMI) KOTA SURABAYA DENGAN METODE SIMPLE MOVING AVERAGE (SMA)

RASTIFANI ZAHWA HAMAS, 081311633044 (2019) PERAMALAN POLA PERMINTAAN KANTONG DARAH DI PALANG MERAH INDONESIA (PMI) KOTA SURABAYA DENGAN METODE SIMPLE MOVING AVERAGE (SMA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak KKC KK ST. SI. 07 19 Ham p.pdf

Download (910kB)
[img] Text (Fulltext)
FULLTEXT KKC KK ST. SI. 07 19 Ham p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) adalah organisasi resmi yang melayani transfusi darah di bawah wewenang Palang Merah Indonesia. Pelayanan transfusi darah meliputi perencanaan, pengerahan dan pelestarian pendonor darah, penyediaan darah, pendistribusian darah, dan tindakan medis pemberian darah kepada pasien untuk tujuan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis peramalan pola permintaan stok kantong darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Surabaya dengan metode Simple Moving Average (SMA) agar permintaan tersebut dapat terpenuhi, sehingga dapat menyelamatkan nyawa seseorang bahkan lebih. Penelitian ini melakukan peramalan data permintaan darah menggunakan metode SMA dan Simple Exponential Smoothing (SES). Penelitian ini terdapat empat (4) tahap yang dilalui. Tahap pertama pengumpulan data, tahap kedua pengolahan data, tahap ketiga analisis data, dan tahap terakhir ialah evaluasi. Pada tahap analisis data, dilakukan peramalan dengan dua metode yang berbeda, yaitu metode SMA dengan rata-rata bergerak 2 periode, 3 periode, dan 4 periode, sedangkan untuk metode SES dengan nilai α = 0,2; α = 0,3; dan α = 0,4. Tujuan metode SMA ialah untuk meramal berdasarkan rata-rata bergerak dari data-data masa lalu. Sedangkan tujuan metode SES ialah untuk meramal dengan nilai konstanta antara 0 hingga 1. Pada tahap evaluasi, dilakukan perhitungan error dengan Mean Absolute Percentage Error (MAPE). Dari hasil pengujian peramalan dan tingkat kesalahannya dari kedua metode tersebut diketahui bahwa metode yang memiliki performa terbaik SMA 3 periode dengan rata-rata MAPE 52%. Sedangkan metode SES yang terbaik dengan menggunakan α = 0,4 menghasilkan rata-rata MAPE 51 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.07/19 Ham p
Uncontrolled Keywords: The Indonesian Red Cross Blood Transfusion Unit, forecasting, blood bag, SMA, SES, MAPE.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
RASTIFANI ZAHWA HAMAS, 081311633044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPurbandini, S.Si, M.Kom,UNSPECIFIED
Thesis advisorRini Semiati, Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 15 Mar 2019 09:59
Last Modified: 22 Mar 2019 02:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81127
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item