RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN RASTRA MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA

HALIMATUZ ZUHRIYAH, 081411631050 (2019) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN RASTRA MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak KKC KK ST. SI. 08 19 Zuh r.pdf

Download (189kB)
[img] Text (Fulltext)
FULLTEXT KKC KK ST. SI. 08 19 Zuh r.pdf
Restricted to Registered users only until 15 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

kendaraan yang mengantarkan barang ke sekumpulan pelanggan (customer) dengan permintaan (demand) tertentu. VRP selama ini telah banyak dipelajari dengan penyelesaian melalui berbagai pendekatan. Pendistribusian Rastra pada Bulog Subdivre Surabaya Selatan merupakan model VRP dengan constraint Multi depot dan Split delivery (MDSDVRP). Penelitian ini bertujuan mengetahui cara penyelesaian MDSDVRP menggunakan Genetic Algorithm (GA) serta mengetahui efisiensi solusi rute yang dihasilkan. Dalam penelitian ini meliputi tahapan pengumpulan data yang diperlukan untuk proses penyelesaian MDSDVRP menggunakan GA dan pembangunan Decision Support System (DSS) yang mengaplikasikan penyelesaian tersebut. Pada analisa terhadap GA yaitu penyelesaian MDSDVRP menggunakan GA. Pada tahap terakhir analisa terhadap DSS yang dikembangkan pada platform web menggunakan framework Angular dan penampilan hasil solusi rute pada platform mobile menggunakan framework Ionic. Melalui pengujian kepuasan pengguna didapatkan bahwa secara keseluruhan pengguna (83,8 %) dianggap sangat setuju, baik, suka terhadap setiap komponen kepuasan pengguna yaitu content, accuracy, format, ease of use, timeliness. Hasil perbandingan solusi rute GA dengan rute dari data asli pada tahun 2013-3016 ditemukan GA mampu memperkecil jarak tempuh dari rute sebelumnya sebesar 3,7% (444 km) dan pada data tahun 2017 GA dapat memperkecil jarak tempuh dari rute sebelumnya sebesar 9,5% (1.093 km). Dengan pengujian validitas didapatkan output rute dari perhitungan manual dan program menghasilkan hasil rute yang sama sehingga dapat disimpulkan hasil rute dari program valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.08/19 Zuh r
Uncontrolled Keywords: Multi Depot Split Delivery Vehicle Routing Problem, Genetic Algorithm, Rastra Distribution, Decision Support System.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
HALIMATUZ ZUHRIYAH, 081411631050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKartono, Drs. H. , M.Kom.UNSPECIFIED
Thesis advisorPurbandini, S.Si, M.Kom.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 15 Mar 2019 10:07
Last Modified: 22 Mar 2019 02:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81128
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item