HUBUNGAN MOTIVASI AKADEMIK DENGAN INFORMATION LITERACY SELF-EFFICACY (Studi Eksplanatif Tentang Hubungan Motivasi Akademik dengan Information Literacy Self-efficacy Mahasiswa Universitas Airlangga)

DELLA EVANELY, 071411631076 (2019) HUBUNGAN MOTIVASI AKADEMIK DENGAN INFORMATION LITERACY SELF-EFFICACY (Studi Eksplanatif Tentang Hubungan Motivasi Akademik dengan Information Literacy Self-efficacy Mahasiswa Universitas Airlangga). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.13 19 Eva h.pdf

Download (17kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.13 19 Eva h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.13 19 Eva h.pdf

Download (370kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Information literacy self-efficacy menggambarkan keyakinan dan kepercayaan diri mahasiswa terhadap kemampuan literasi informasi yang dimilikinya. Information literacy self-efficacy menjelma menjadi kemampuan yang diperlukan mahasiswa untuk menghadapi era saat ini, dimana teknologi informasi berkembang sangat cepat dan pesat. Kemampuan ini berhubungan dengan pencapaian prestasi akademik mahasiswa, dimana untuk mencapainya erat kaitannya mahasiswa memiliki motivasi akademik. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan yang terdapat antara motivasi akademik dengan information literacy self-efficacy. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksplanatif. Penelitian yang berlokasi di Universitas Airlangga ini menggunakan sampel sebanyak 100 mahasiswa yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampel. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa hasil uji signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05), dimana menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara masing-masing extrinsic motivation dan intrinsic motivation dengan information literacy self-efficacy, serta extrinsic motivation dan intrinsic motivation secara bersama-sama berhubungan dengan information literacy self-efficacy. Besarnya hubungan antara extrinsic motivation dengan information literacy self-efficacy ditunjukkan melalui nilai r hitung sebesar 0,575. Intrinsic motivation dengan information literacy selfefficacy memiliki nilai r hitung sebesar 0,494. Hubungan keduanya berada dalam tingkatan yang sedang. Sedangkan besarnya hubungan antara extrinsic motivation dan intrinsic motivation terhadap information literacy self-efficacy ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0,599. Sementara itu, R Square sebesar 0,359 (35,9%) menunjukkan kontribusi secara simultan variabel extrinsic motivation dan intrinsic motivation terhadap information literacy self-efficacy. Dari variabelvariabel yang telah disebutkan, intrinsic motivation to accomplish things menjadi variabel yang memiliki nilai rata-rata tertinggi. Variabel ini menggambarkan mahasiswa yang fokus/memperhatikan pada setiap proses dalam mencapai prestasi akademik daripada hanya melihat hasilnya semata. Sehingga sikap tersebut dapat mempengaruhi, bahkan meningkatkan information literacy selfefficacy mahasiswa UNAIR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.13/19 Eva h
Uncontrolled Keywords: Information Literacy Self-Efficacy, Mahasiswa Universitas Airlangga, Motivasi Akademik
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
DELLA EVANELY, 071411631076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang GUnarti, Dra., M.I.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Mar 2019 07:42
Last Modified: 23 Mar 2019 07:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81338
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item