ANALISIS MARKETING MIX PADA PERPUSTAKAAN C2O SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Variabel-variabel Product, Price, Promotion, Place dilihat dari Sudut Pandang Pengguna Perpustakaan C2O Surabaya)

NICO RIZKY SUKMA, 071411631034 (2019) ANALISIS MARKETING MIX PADA PERPUSTAKAAN C2O SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Variabel-variabel Product, Price, Promotion, Place dilihat dari Sudut Pandang Pengguna Perpustakaan C2O Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.23 19 Suk a.pdf

Download (29kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.23 19 Suk a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.23 19 Suk a.pdf

Download (270kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemasaran pada perpustakaan penting dilakukan guna mengidentifikasi akan kebutuhan pengguna sehingga pengguna merasa puas dan ingin terus berkunjung di perpustakaan. Identifikasi akan kebutuhan pengguna didasari seiring dengan perkembangan akan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan yang terjadi dikalangan masyarakat. Perpustakaan harus memahami misi dengan jelas kemudian menentukan tujuan dan sasaran pemasarannya, sehingga organisasi perpustakaan perlu malakukan strategi pemasaran jasa. Dalam pemasaran terdapat konsep atau strategi pemasaran yang disebut marketing mix (bauran pemasaran). Dalam penelitian ini konsep pemasaran digunakan untuk menganalisis marketing mix pada perpustakaan C2O Surabaya yang dilihat dari sudut pandang pengguna. Adapun konsep pemasaran yaitu product, price, promotion, dan place. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif bersifat deskriptif. Penentuan sampel menggunakan sistem purposive sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan didapatkan hasil yaitu variabel product (produk) menunjukan bahwa skor rata-rata yang dimiliki sebesar 3,84 dalam kategori tinggi. Variabel price (harga) menunjukan bahwa skor rata- rata yang dimiliki sebesar 3,71 dalam kategori tinggi. Variabel promotion (promosi) menunjukan bahwa skor rata-rata yang dimiliki sebesar 3,86 dalam kategori tinggi. Variabel place (tempat) menunjukan bahwa skor rata-rata yang dimiliki sebesar 3,82 dalam kategori tinggi. Dari keseluruhan data yang diperoleh mengenai empat variabel marketing mix yang dilakukan oleh perpustakaan C2O Surabaya, maka didapatkan hasil bahwa variabel tertinggi diduduki oleh variabel promotion (promosi) dengan rata-rata sebesar 3,86.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.23/19 Suk a
Uncontrolled Keywords: Marketing mix, Perpustakaan, Kebutuhan Pengguna.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
NICO RIZKY SUKMA, 071411631034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 25 Mar 2019 04:01
Last Modified: 25 Mar 2019 04:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81367
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item