PENGGUNAAN MODEL DELONE DAN MCLEAN PADA INTEGRATED LIBRARY SYSTEM (INLIS) DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI JAWA TIMUR

ELOK FAIQOTUL HIMMAH, 081311633016 (2019) PENGGUNAAN MODEL DELONE DAN MCLEAN PADA INTEGRATED LIBRARY SYSTEM (INLIS) DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
ST.SI. 09-19 Him p Abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text (Fulltext)
ST.SI. 09-19 Him p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Model Delone dan McLean merupakan model yang lengkap tetapi sederhana. Model semacam ini disebut dengan model yang parsimoni. Terdapat Enam pengukuran Delone dan McLean (2003) yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, serta manfaat bersih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Delone dan McLean pada Integrated Library System di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi Jawa Timur. Tahapan dalam penelitian ini yaitu meliputi pengumpulan data, identifikasi variabel dan hipotesis, penentuan populasi dan sampel responden, penyusunan kuesioner dan penentuan indikator, uji coba, pengambilan data penelitian, pengolahan data kuesioner, analisis data kuesioner, pembahasan hasil, rekomendasi hasil. Data yang diperoleh sebanyak 122 responden. Kuesioner yang terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan Partial Least Square SEM (PLS-SEM) dengan tahap evaluasi outer model dan evaluasi inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi tidak mempunyai pengaruh terhadap penggunaan, kualitas sistem tidak mempunyai pengaruh terhadap penggunaan, kualitas informasi tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengguna, kualitas sistem tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengguna dan penggunaan tidak mempunyai pengaruh terhadap manfaat bersih. Sedangkan, kualitas layanan mempunyai pengaruh terhadap penggunaan, kualitas layanan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengguna, penggunaan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengguna dan kepuasan pengguna mempunyai pengaruh terhadap manfaat bersih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI. 09-19 Him p
Uncontrolled Keywords: Delone dan McLean, Integrated Library System, PLS-SEM, SmartPLS.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
ELOK FAIQOTUL HIMMAH, 081311633016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEto Wuryanto, Drs., DEA.UNSPECIFIED
Thesis advisorTaufik, S.T., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Mar 2019 05:48
Last Modified: 26 Mar 2019 05:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81387
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item