TEKNIK PEMBENIHAN IKAN COBIA (Rachycentron canadum) DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA LAUT (BBPBL) LAMPUNG

RENI OKTAVIANI, 141511133024 (2018) TEKNIK PEMBENIHAN IKAN COBIA (Rachycentron canadum) DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA LAUT (BBPBL) LAMPUNG. Fakultas Perikanan dan Kelautan: Budidaya Perairan, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
PKL.PK.BP. 29-19 Okt t Abstrak.pdf

Download (175kB)
[img] Text (Fulltext)
PKL.PK.BP. 29-19 Okt t.pdf
Restricted to Registered users only until 26 March 2022.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan Cobia merupakan ikan laut yang memiliki nilai ekonomis penting (Chou et al., 2001). Ikan Cobia adalah spesies ikan laut yang memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat (sampai 10 kg dalam 1 tahun), kualitas daging yang baik, mampu beradaptasi terhadap variasi suhu dan salinitas yang tinggi. Namun, pembenihan Ikan Cobia memiliki permasalahan pada rendahnya fekunditas dan SR larva. Hal ini yang melatar belakangi dilakukannya kegiatan pembenihan Ikan Cobia di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung. Tujuan pelaksanaan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui dan menguasai teknik pembenihan Ikan Cobia (Rachycentron canadum) serta mengetahui permasalahan teknik pembenihan Ikan Cobia (Rachycentron canadum) di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut, Lampung. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan mulai tanggal 18 Desember 2017 - 18 Januari 2018 di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL), Lampung. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah dengan mengikuti seluruh kegiatan pembenihan Ikan Cobia (Rachycentron canadum) dan melakukan pengamatan secara langsung di lapangan, serta mengumpulkan data primer dan sekunder. Teknik pembenihan Ikan Cobia terdapat beberapa hal yang harus dilakukan, mulai dari seleksi induk, persiapan kolam, penyuntikan hormon, pemijahan induk, koleksi dan penghitungan telur, penetasan telur, dan pemeliharaan larva. Selain hal tersebut, penanganan terhadap penyakit dan pengontrolan kualitas air juga perlu diperhatikan. Teknik yang digunakan untuk membenihkan Ikan Cobia menggunakan induksi hormon Ovaprim, dengan cara menyuntikkan hormon ovaprim pada ikan Cobia jantan dan Betina, kemudian ditempatkan pada satu kolam tanpa perlakuan khusus.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP. 29-19 Okt t
Uncontrolled Keywords: Teknik Pembenihan, Ikan Cobia (Rachycentron canadum)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
RENI OKTAVIANI, 141511133024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorA. Shofy MubarakUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Mar 2019 11:01
Last Modified: 26 Mar 2019 11:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81416
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item