DESA WISATA (Studi Deskriptif Tentang Potensi Alam Desa Sendangagung Sebagai Pendukung Desa Wisata Kampung Batik di Kabupaten Lamongan)

AGNES DIAN PARAMITA, 151511413058 (2019) DESA WISATA (Studi Deskriptif Tentang Potensi Alam Desa Sendangagung Sebagai Pendukung Desa Wisata Kampung Batik di Kabupaten Lamongan). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (151kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 29 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Desa wisata biasanya berupa kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus yang layak untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang khas. Selain itu, memiliki beberapa faktor pendukung seperti kerajinan khas, makanan khas, dan sistem sosial yang turut mewarnai sebuah desa wisata.Pengembangan desa wisata mempunyai manfaat yang cukup signifikan diantaranya dalam bidang ekonomi, sosial, pendidikan, lingkungan, politik, sosial budaya, dan juga ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, pengembangan desa wisata sangatlah penting untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat, khususnya masyarakat desa. Dengan adanya penelitian ini, adalah untuk mengetahui potensi Desa Sendangagung Kecamatan Paciran untuk menjadi desa wisata di Kabupaten Lamongan. Selain itu juga untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam membangun Desa Sendangagung menjadi sebuah desa wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, jenisjenis metode kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan data tertulis dan lisan mengenai perencanaan Desa Sendangagung Kecamatan Paciran menjadi desa wisata di Kabupaten Lamongan antara lain yaitu metode historis, deskriptif, studi kasus, dan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tekhnik wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan penggunaan bahan dokumen. Desa Sendangagung ini memiliki beberapa potensi wisata, di antaranya yaitu seperti potensi wisata kebudayaan, yakni batik tulis khas Desa Sendangagung, potensi wisata alam yaitu dengan sumber daya alam bukit kapur dan pemandian kolam sendang. Hal ini sangatlah berpotensi untuk menjadikan Desa Sendangagung Menjadi salah satu Desa Wisata yang ada di Kabupaten Lamongan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV PW 04/19 Par d
Uncontrolled Keywords: potensi, alam, desa wisata, kampong batik.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3770-3795 Science and arts. Research
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
AGNES DIAN PARAMITA, 151511413058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovianto Edi Suharno, SST Par.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2019 03:02
Last Modified: 29 Mar 2019 03:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81478
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item