PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP INTENSI PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN PADA KONSUMEN MUDA MELALUI MEDIA ONLINE

SABRINA PUSPA GASSANY, 111511133163 (2018) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP INTENSI PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN PADA KONSUMEN MUDA MELALUI MEDIA ONLINE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Psi. 55-19 Gas p Abstrak.pdf

Download (211kB)
[img] Text (Fulltext)
Psi. 55-19 Gas p.pdf
Restricted to Registered users only until 1 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth atau eWOM terhadap intensi pembelian produk pakaian pada konsumen muda melalui media online. Electronic word of mouth atau eWOM adalah semua komunikasi informal yang diarahkan pada konsumen melalui teknologi berbasis Internet yang terkait dengan informasi mengenai penggunaan atau karakteristik barang dan jasa tertentu, atau penjual (Litvin, Goldsmith, & Pan, 2005). Sedangkan, intensi pembelian secara online adalah keinginan atau kemungkinan individu untuk melakukan pembelian melalui situs atau terlibatnya individu dalam sebuah transaksi secara online (Yoo & Donthu, 2001). Total responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 126 dengan usia 15 sampai dengan 20 tahun dan merupakan Warga Negara Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Terdapat dua alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Electronic Word of Mouth Scale dan Purchase Intention Scale. Seluruh analisis dalam penelitian ini menggunakan program IBM SPSS Statistic 22 for Windows. Hasil uji korelasi dengan menggunakan Pearson Product-Moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara electronic word of mouth dengan intensi pembelian secara online. Koefisien korelasi antara kesejahteraan psikologis dengan keterlibatan karyawan adalah sebesar 0,286 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 (p<0,05). Sehingga, jika electronic word of mouth meningkat, maka intensi pembelian secara online juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 55-19 Gas p
Uncontrolled Keywords: electronic word of mouth, intensi pembelian secara online, konsumen muda
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
SABRINA PUSPA GASSANY, 111511133163UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFendy Suhariadi, Prof. Dr., M.T., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Mar 2019 04:02
Last Modified: 30 Mar 2019 04:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81518
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item