ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP USAHA TANI JAGUNG DI INDONESIA (Studi di Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur)

ANGGIA DANITA MITASARI, 041311133040 (2019) ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP USAHA TANI JAGUNG DI INDONESIA (Studi di Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
C. 44-19 Mit a Abstrak.pdf

Download (139kB)
[img] Text (Fulltext)
C. 44-19 Mit a.pdf
Restricted to Registered users only until 2 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jagung merupakan komoditas penting dalam sistem pangan di Indonesia yang berperan dalam menunjang ketahanan pangan, kecukupan pasokan pakan ternak, dan bahkan akhir-akhir ini dijadikan bahan baku energi alternatif (biofuel). Jawa Timur merupakan salah satu produsen utama jagung di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat daya saing dan dampak kebijakan pemerintah terhadap usaha tani jagung di Kabupaten Jombang. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh melalui data Analisis Ekonomi Usaha Tani serta harga internasional jagung dari instansi terkait dan publikasi ilmiah. Metode analisis yang digunakan adalah Policy Analysis Matrix (PAM). Hasil analisis PAM menunjukkan bahwa usaha tani jagung di Kabupaten Jombang mempunyai keuntungan privat dan sosial serta mempunyai keunggulan kompetitif dan komparatif sebagai indikator daya saing. Kebijakan pemerintah secara keseluruhan mampu memproteksi usaha tani jagung. Analisis sensitivitas menunjukkan keuntungan dan daya saing usaha tani sensitif terhadap perubahan nilai tukar rupiah terhadap US Dollar, peubahan pada harga output dan kenaikan tarif impor komoditas. Studi ini menyarankan bahwa usaha tani perlu meningkatkan produksi jagung untuk mengurangi ketergantungan pada pasar dunia dan mengoptimalkan potensi wilayah serta pemerintah perlu mengkaji lagi kebijakan yang belum mampu memproteksi usahatani dan menerapkan alternatif kebijakan dengan memperhatikan kondisi pasar dalam negeri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C. 44-19 Mit a
Uncontrolled Keywords: daya saing, kebijakan pemerintah, jagung, sensitivitas, Policy Analysis Matrix (PAM)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
ANGGIA DANITA MITASARI, 041311133040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Haryanto, Drs. Ec., M.P., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 02 Apr 2019 11:24
Last Modified: 02 Apr 2019 11:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81605
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item