KEKUATAN GESER SEMEN RESIN MODIFIED GLASS IONOMER PADA DENTIN DENGAN PENGULASAN CASEIN PHOSPHOPEPTIDES-AMORPHOUS CALCIUM PHOSPHATE

ADAM DINAMIKA, 021111163 (2019) KEKUATAN GESER SEMEN RESIN MODIFIED GLASS IONOMER PADA DENTIN DENGAN PENGULASAN CASEIN PHOSPHOPEPTIDES-AMORPHOUS CALCIUM PHOSPHATE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (558kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 4 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : Semen adalah bahan material kedokteran gigi untuk merekatkan suatu restorasi pada gigi penyangga. Pada pembuatan mahkota jembatan, preparasi gigi sangat dibutuhkan dan sekarang telah diperkenalkan semen resin modifikasi ionomer kaca (RMGI), semen ini diperkenalkan untuk mengatasi kekurangan yang ada pada semen ionomer kaca. Pada preparasi gigi penyangga, akan terbukanya tubuli dentin dan berpotensi sebagai port de entry daripada bahan kimia dan mikroorganisme ke dalam pulpa. Untuk mencegahnya, perlu dilakukan penutupan terhadap tubuli dentin yang terbuka. Salah satu bahan untuk menutup tubuli dentin adalah bahan Casein phopsphopeptides - Amorphous calcium phosphate yang membantu melokalisir calsium dan ion fosfat yang dapat menurunkan sensivitas dentin. Tujuan : Untuk menentukan keefektifitasan daripada bahan CPP-ACP dalam meningkatkan kekuatan geser terhadap semen resin modified glass ionomer pada dentin. Metode : Sampel terdiri dari empat belas gigi premolar rahang atas yang telah diekstraksi dan bebas karies. Setiap gigi dipreparasi seluas 3,90 mm2 hingga batas dentin. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A (tanpa ulasan CPP-ACP) dan kelompok B (dengan ulasan CPP-ACP). Pada kelompok A, sampel diulasi CPP-ACP selama 3 menit dan dibilas dengan air pada tekanan maksimun kemudian diulasi semen resin modified glass ionomer, sedangkan pada kelompok B langsung diulasi semen resin modified glass ionomer sesaat setelah gigi dipreparasi. Hasil : Ada beda signifikan antara kedua kelompok sampel, p = 0,023 (p<0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 83/19 Din k
Uncontrolled Keywords: dentin, CPP-ACP, resin modified glass ionomer cement, shear bond strength
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK520-528 Orthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
ADAM DINAMIKA, 021111163UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImam Boediono, , drg.,M Kes.,Sp.Pros(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2019 07:05
Last Modified: 04 Apr 2019 07:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81643
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item