SITUS TROWULAN DALAM PERUBAHAN : DINAMIKA PERKEMBANGAN SITUS PENINGGALAN MAJAPAHIT MENJADI ASET WISATA BUDAYA PADA TAHUN 1980-1998

Eka Laila Fitria Sari, 121311433019 (2019) SITUS TROWULAN DALAM PERUBAHAN : DINAMIKA PERKEMBANGAN SITUS PENINGGALAN MAJAPAHIT MENJADI ASET WISATA BUDAYA PADA TAHUN 1980-1998. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 8 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai dinamika sosial ekonomi masyarakat Trowulan pada awal diarahkannya Trowulan menjadi sebuah kawasan wisata budaya pada tahun 1980-1998. Metode yang digunakan pada penulisan ini adalah metode sejarah yang terdiri dari tahap pengumpulan data (heuristik), kritik sumber, interprestasi, dan historiografi. Sumber Arsip yang banyak digunakan dalam penelitian ini adalah arsiparsip yang diperoleh dari Badan Arsip Nasional Indonesia, Perpustakaan Nasional Indonesia, Bappeda, Arsip Jagir, Perpustakaan Museum Trowulan, Pak Wi serta Wawancara dengan masyarakat sekitar yang hidup pada tahun yang sama dengan tahun yang digunakan dalam penelitian. Sumber bukubuka yang digunakan adalah sumber buku-buku yang membahas tentang kehidupan sosial ekonomi dan wisata budaya terutama mengenai tema spasial yakni Trowulan banyak diperoleh dari Perpustakaan Museum Trowulan, Perpustakaan Kampus B Unair, dan juga Perpusttalaan Jurusan Ilmu Sejarah. Hasil dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bagaimana dinamika perkembangan Situs Trowulan sebagai peninggalan Majapahit yang telah menjadi Aset Wisata Budaya dengan berbagai pro dan kontra yang terjadi pada masyarakat serta mengetahui bagaimana dampak yang terjadi pada masyarakat terutama dalam kehidupan sosial ekonominya pada tahun 1980-1998.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS Sej 12/19 Sar s
Uncontrolled Keywords: Trowulan, Social-Economics Activities, Cultural Tourism
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
Eka Laila Fitria Sari, 121311433019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorShinta Devi Ika Santhi, S.S.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2019 06:03
Last Modified: 08 Apr 2019 06:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81694
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item