KERJASAMA HOTEL DENGAN PERSEWAAN MOBIL(Studi Deskriptif Tentang Bentuk Kerjasama Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya dengan Perusahaan Persewaan Mobil Untuk Menyediakan Layanan Transportasi bagi Tamu Hotel)

RAHYL AHADIN PRAWIRO, 151611413039 (2018) KERJASAMA HOTEL DENGAN PERSEWAAN MOBIL(Studi Deskriptif Tentang Bentuk Kerjasama Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya dengan Perusahaan Persewaan Mobil Untuk Menyediakan Layanan Transportasi bagi Tamu Hotel). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (191kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 8 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hotel merupakan salah satu penggerak industri pariwisata yang menyediakan berbagai macam fasilitas dan layanan seperti penginapan, makanan dan minuman, serta jasa-jasa lainnya yang dikelola secara komersial. Salah satu jasa yang ditawarkan yaitu layanan persewaan mobil. Adapun apabila hotel menggunakan pihak eksternal, maka akan ada perjanjian atau kerjasama dengan pihak persewaan mobil yang dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan pihak hotel, namun hal ini memiliki resiko karena adanya perbedaan layanan. Pada penelitian ini, penulis membahas tentang kerjasama Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya dengan perusahaan persewaan mobil. Tujuan dari penelitian ini mengetahui bentuk kerjasama yang dilakukan Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya dengan perusahaan persewaan mobil untuk menyediakan layanan transportasi bagi tamu hotel. Selain itu, penelitian ini bertujuan mengetahui kendala yang terjadi selama kesepakatan kerjasama antara kedua perusahaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif sehingga data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka. Data-data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan penggunaan bahan dokumen. Lokasi penelitian bertempat di Hotel Grand Inna Tunjungan karena permasalahan yang akan diteliti peneliti terdapat di lokasi tersebut sehingga data yang diperoleh valid Berdasarkan data yang diperoleh yaitu: 1) kerjasama yang berlangsung antara pihak Hotel Grand Inna Tunjungan dengan pihak perusahaan persewaan mobil dikarenakan adanya permintaan dari tamu hotel dan kebutuhan hotel sendiri akan transportasi; 2) Pemilihan Koperasi Inna Simpang sebagai pihak perusahaan penyewa mobil dikarenakan keinginan pihak hotel mendukung inisiatif kelompok karyawan yang tergabung dalam Koperasi Inna Simpang untuk memenuhi kebutuhan transportasi pihak Hotel Grand Inna Tunjungan; 3) Kerjasama yang dilakukan tertulis dalam sistem kontrak; 4) Kerjasama ini memberikan dampak kontribusi financial dan non-financial bagi pihak Hotel Grand Inna Tunjungan; 5) Kendala yang dihadapi yaitu kerusakan kendaraan hingga kurangnya minat tamu dalam layanan ini; 6) Adanya pengontrolan armada transportasi untuk menghindari resiko kerusakan kendaraan; 7) Apabila terjadi perselisihan dengan kedua belah pihak, maka pertama-tama akan diselesaikan secara musyawarah, apabila belum dicapai kesepakatan, maka diselesaikan secara hukum.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV PW 18/19 Pra k
Uncontrolled Keywords: Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya, Kerjasama, Layanan Transport
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT5220-5286 Customs relative to transportation and travel
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
RAHYL AHADIN PRAWIRO, 151611413039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovianto Edi Suharno, SST Par.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2019 07:32
Last Modified: 28 Jun 2019 00:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81703
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item