EFEKTIVITAS KONSENTRASI CHLORHEXIDINE GLUCONATE UNTUK MENURUNKAN KONSENTRASI BAKTERI PADA CUCI CAVUMPERITONEUM PADA PERITONITIS GENERALISATA (Penelitian pada Hewan Coba Kelinci)

Eleonora K. Gunadi, NIM011180711 (2018) EFEKTIVITAS KONSENTRASI CHLORHEXIDINE GLUCONATE UNTUK MENURUNKAN KONSENTRASI BAKTERI PADA CUCI CAVUMPERITONEUM PADA PERITONITIS GENERALISATA (Penelitian pada Hewan Coba Kelinci). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDS.IB. 01-19 Gun e Abstrak.pdf

Download (167kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDS.IB. 01-19 Gun e.pdf
Restricted to Registered users only until 9 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib,unair.ac.id

Abstract

Penurunan konsentrasi bakteri paling efektif terjadi pada kelompok perlakuan dengan larutan klorheksidin glukonat 0,05% walaupun secara statistik penurunan tersebut tidak bermakna. Penggunaan klorheksidin 0,05% sebagai larutan pembilas cavum peritoneum intra operatif merupakan salah satu alternatif pilihan yang dapat dipertimbangkan dalam kasus – kasus peritonitis yang berat, di mana kondisi intraperitoneal sangat kotor. Hal ini disebabkan karena selain memiliki efek dilusi koloni kuman dan melarutkan fibrin-fibrin selama fase eksudasi peritonitis, seperti larutan pembilas standar Nacl 0,9%, larutan klorheksidin glukonat 0,05% juga berfungsi sebagai antiseptik yang sangat efektif dalam menghilangkan sumber infeksi dalam hal ini bakteri E Coli. Dengan hilangnya bakteri patogen pada cavum peritoneum, proses eksudasi selama proses infeksi turut berkurang. Efek dilutif melarutkan fibrin-fibrin dan antiseptik untuk membunuh bakteri yang merangsang eksudasi fibrin. Namun larutan klorheksidin memiliki kekurangan yaitu sifat iritatif yang dapat merusak mesotelium. Pada penelitian yang menggunakan penghitungan konsentrasi bakteri selanjutnya, dapat dipertimbangkan untuk digunakan penelitian inter observer, yaitu sampel dikirim ke dua laboratorium mikrobiologi yang berbeda atau sampel dihitung dengan menggunakan dua metode yang berbeda. Penelitian ini masih merupakan penelitian awal untuk aplikasi larutan klorheksidin sebagai pembilas cavum peritoneal intraoperatif, terutama pada kondisi cavum peritoneum yang sangat kotor. Sebelum dipakai untuk aplikasi klinis, masih banyak hal yang perlu diperdalam tentang sifat dari klorheksidin dan toksisitas nya terhadap tubuh manusia dan bagaimana memberikan efek yang seragam pada perlakuan. Penelitian selanjutnya tentang penggunaan klorheksidin dengan konsentrasi yang lebih rendah, efek klorheksidin yang berikatan dengan asam lambung pada kasus-kasus perforasi gaster, kaitannya dengan efek terhadap mesotelium organ intraabdomen, toksisitas terhadap organ-organ tubuh, komplikasi jangka panjang, sifat iritatif dalam menimbulkan reaksi alergi, dapat membuat penggunaan klorheksidin untuk pembilasan cavum peritoneum menjadi lebih dapat direalisasikan dengan aman pada aplikasi klinis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IB. 01-19 Gun e
Uncontrolled Keywords: Chlorhexidine Gluconate, Konsentrasi Bakteri, Cuci Cavum Peritoneum, Peritonitis Generalisata
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Bedah Umum
Creators:
CreatorsNIM
Eleonora K. Gunadi, NIM011180711NIM011180711
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAriandi Setiawan, Dr., SpB, SpBAUNSPECIFIED
Thesis advisorEddy Bagus Wasito, Prof. Dr., dr., MS, SpMK(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Apr 2019 10:04
Last Modified: 09 Apr 2019 10:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81724
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item