SISTEM INFORMASI LAYANAN PERPUSTAKAAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI WONOKALANG KECAMATAN WONOAYU SIDOARJO

MUHAMMAD RIZAL PRIYAGA, 151511513042 (2019) SISTEM INFORMASI LAYANAN PERPUSTAKAAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI WONOKALANG KECAMATAN WONOAYU SIDOARJO. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 15 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat program yang dapat menangani proses layanan perpustakaan pada Sekolah Dasar Negeri Wonokalang sehingga menjadi lebih efektif dan efisien untuk dijalankan serta dapat meminimalkan terjadinya kesalahan. Sistem ini menangani empat proses utama yaitu proses inventaris buku, proses peminjaman buku, proses pengembalian buku dan proses pembuatan laporan. Sistem Informasi Layanan Perpustakaan Pada Sekolah Dasar Negeri Wonokalang Kecamatan Wonoayu Sidoarjo dibangun melalui lima tahap. Tahap pertama adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan wawancara. Tahap kedua adalah menganalisis permasalahan sistem saat ini dengan membuat Document Flow Diagram (Docflow) dan fishbone Diagram. Tahap ketiga adalah mendesain sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Diagram Jenjang yang mempunyai empat proses utama, dan Data Flow Diagram (DFD). Sedangkan desain database dibuat menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 10 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang meghasilkan 10 tabel. Berdasarkan desain tersebut kemudian dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap keempat adalah menggambarkan sistem dengan Bagan Alir, serta mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan uji coba sistem. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Layanan Perpustakaan yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada proses bisnis di perpustakaan Sekolah dasar Negeri Wonokalang yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis yang ada secara efisien dan dapat menampilkan laporan sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV SI 02/19 Pri s
Uncontrolled Keywords: Information Systems, Library Services, Lending Books, Returning Books, Wonokalang Elementary School
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD RIZAL PRIYAGA, 151511513042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNasa Zata Dina, , S.Kom, M.Kom, M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 06:24
Last Modified: 15 Apr 2019 06:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81852
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item