MODEL KUALITAS HIDUP TENAGA KERJA PENYANDANG DISABILITAS AKIBAT KECELAKAAN KERJA

INDRIATI PASKARINI, 101517087314 (2019) MODEL KUALITAS HIDUP TENAGA KERJA PENYANDANG DISABILITAS AKIBAT KECELAKAAN KERJA. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 26 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Kecelakaan kerja menyebabkan tenaga kerja mengalami cacat fungsi, cacat sebagian, cacat total, dan meninggal dunia. Risiko sosial ekonomi pada tenaga kerja penyandang disabilitas akibat kecelakaan kerja, antara lain: perawatan medis dan rehabilitasi, berkurangnya penghasilan, kehilangan pekerjaan dan berpengaruh pada kondisi psikologis. Status sosial ekonomi dan penurunan penghasilan penyandang disabilitas akibat kecelakaan kerja berdampak pada kualitas hidup. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah menyusun model kualitas hidup tenaga kerja penyandang disabilitas akibat kecelakaan kerja. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik. Rancangan penelitiannya adalah cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga kerja peserta dan penerima jaminan kecelakaan kerja BPJS Ketenagakerjaan yang menyandang disabilitas fisik di kota Gresik dan Sidoarjo. Besar sampel penelitian ini 182 responden yang dipilih secara simple random sampling. Variabel yang diteliti antara lain disabilitas, karakteristik individu, JKK/Kompensasi, kemandirian, dukungan sosial dan kualitas hidup.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK Dis.IK 04/19 Pas m
Uncontrolled Keywords: quality of life, workers with disabilities, accidents
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1551-3024 People with disabilities
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
INDRIATI PASKARINI, 101517087314UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjipto Suwandhi, Prof. Dr. , dr., MOH., Sp.Ok.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Apr 2019 03:32
Last Modified: 26 Apr 2019 03:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82041
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item