GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PERIZINAN INVESTASI PARIWISATA DI KOTA BATU

Yusuf Tachmid Farchan, 071311133031 (2019) GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PERIZINAN INVESTASI PARIWISATA DI KOTA BATU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.25 19 Far g.pdf

Download (233kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.25 19 Far g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran yang memadai terkait dengan mewujudkan pelaksanaan Good Governance dalam pelayanan perizinan investasi pariwisata di Kota Batu. Tujuan tersebut untuk melihat berhasil atau tidaknya pelaksanaan pelayanan perizinan dari perspektif Good Governance. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya pelaksanaan pelayanan perizinan di Kota Batu dalam perspektif Good Governance ini menggunakan sembilan prinsip-prinsip Good Governance meliputi partisipasi, peraturan hukum, transparansi, daya tanggap, berorientasi konsensus, berkeadilan, efektifitas dan efesiensi, akuntabilitas dan visi strategis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Lokus penelitian dilaksanakan di kantor Dinas Penanaman Modal Kota Batu. Informan yang dipilih dalam penelitian adalah pejabat struktural, pemerintah dan masyarakat yang mengurus pelayanan perizinann. Teknik penetuan informan dilakukan secara purposive sampling untuk pihak pemerintah melalui key informan dan accidental random sampling untuk pihak masyarakat. Data terkumpul diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan dari sembilan indikator yang ada, empat indikator diantaranya memiliki masalah paling kompleks diantaranya yaitu masalah akuntanbilitas, transparansi, efisiensi dan efektivitas, daya tanggap. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian serta dilengkapi dengan penjabaran dari masing-masing indikator teori yang digunakan, bahwa prinsip-prinsip good governance di Dinas Pelayanan Modal Kota Batu belum konsisten dan belum optimal pada pelaksanaanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.25/19 Far g
Uncontrolled Keywords: Good Governance, Pelayanan Publik, Pelayanan Perizinan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3220 Public policy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Yusuf Tachmid Farchan, 071311133031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahyuni Triana, Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 30 Apr 2019 03:29
Last Modified: 18 Dec 2019 02:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82120
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item