PENGARUH KEBUTUHAN REKOGNISI TERHADAP PERILAKU NARSISME PADA PENGGUNA INSTAGRAM

DEWI NUR MAYASARI, 111311133011 (2019) PENGARUH KEBUTUHAN REKOGNISI TERHADAP PERILAKU NARSISME PADA PENGGUNA INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Psi. 67-19 May p Abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text (Fulltext)
Psi. 67-19 May p.pdf
Restricted to Registered users only until 6 May 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebutuhan rekognisi dan karakteristik demografi kebutuhan rekognisi terhadap perilaku narsisme pada pengguna instagram. Perilaku narsisme merupakan perilaku yang memperkuat dan meningkatkan kekaguman pada diri sendiri yang dapat memberikan status sosial, pujian, dan daya tarik. Narsisme memiliki kebutuhan yang kuat atas ketegasan orang lain terhadap keunggulan yang dimiliki untuk diakui. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku narsisme berdasarkan Skala Narq-s (Narcissism Admiration Rivalry Questionnaire Short) (Leckelt & Wetzel dkk., 2017) yang diadaptasi dari model NARC (Narcissistic Admiration Rivalry Concept) (Back dkk., 2013). Dan untuk mengukur kebutuhan rekognisi digunakan skala yang dibuat oleh peneliti lain berdasarkan dimensi kebutuhan rekognisi (Assor, 1996). Penelitian ini melibatkan 191 pengguna aktif Instagram dan berusia 19-35 tahun. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik regresi linear pada aplikasi statistik progam Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif kebutuhan rekognisi terhadap perilaku narsisme pada penggguna instagram dan terdapat perbedaan karakteristik demografi terhadap pelaku narsisme pada penggguna instagram, yang artinya kebutuhan rekognisi berpengaruh terhadap perilaku narsisme. Kebutuhan rekognisi berkontribusi terhadap perilaku narsisme sebesar 41,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel kebutuhan rekognisi. Disisi lain hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat nasisme pada penelitian ini termasuk sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 67-19 May p
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Rekognisi, Narsisisme, Media Sosial, Instagram.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
DEWI NUR MAYASARI, 111311133011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahkman Ardi, Dr., M. Psych.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 06 May 2019 02:10
Last Modified: 06 May 2019 02:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82182
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item