RISKY PRATAMA PUTRA, 151611413065
(2018)
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Deskriptif Tentang Program Corporate Social Responsibility Sebagai Branding Best Western Papilio Hotel Surabaya).
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah sebuah pemasaran kemasyarakatan
(social concept). Perkembangannya dalam rangka memelihara eksistensi keberadaan
suatu perusahaan. Diimplementasikan melalui CSR sehingga mengkehendaki tekanan
kesejahteraan masyarakat perlunya jangka panjang. Karena dapat mengubah sudut
pandang kastamer, semata-mata perusahaan tidak hanya mencari profit. Tetapi juga
melihat lingkungan terdekatnya terkena imbas dari kegiatan industrialisasi
perusahaan tersebut. CSR juga menjadi jalan untuk membina hubungan baik antara
pihak internal dengan pihak masyarakat sekitarnya. Berdampak positif untuk
mengupayakan terhadap identitas perusahan. Maka Tugas Akhir ini saya mengambil
judul “Program Corporate Social Responsibility Sebagai Branding Best Western
Papilio Hotel Surabaya”. Topik permasalahan penelitian yang saya ambil terkait
bentuk implementasi CSR yang dilakukan. Mengenai peran Public Relation dalam
membentuk branding Best western Papilio Hotel melalui pelaksanaan CSR. Dan
feedback apa yang diterima oleh hotel setelah melaksanakan CSR. Untuk tujuan
penelitian untuk mengupas tuntas tiga permasalahan tersebut.
Metode penelitian yang digunakan menggunakan jenis penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Dilakukan dengan pengamatan, wawancara dengan
mengajukan pedoman wawancara, dan menggunakan bahan dokumen tertulis maupun
bentuk foto. Menganalis data dari hasil rekaman wawancara dengan informan untuk
membuat alur cerita. Menyusun data sesuai tipe-tipe untuk diklasifikasikan dan
membaca kepustakaan yang relevan. Didasari tinjauan pustaka yang dibutuhkan
terkait dengan CSR, Public Relation dan Hotels Marketing.
CSR di Best Western Papilio Hotel Surabaya dibawah naungan HRD. Tetapi
dalam kegiatan pelaksanaanya HRD dibantu oleh Marcomm. Fungsi seorang
Marcomm sama halnya dengan Public Relation. CSR sebagai strategi impelementasi
untuk menunujukkan sisi sosial hotel dan tanggung jawab atas segala dampak
operasionalisasi hotel. Untuk pelaksanaan CSR terprogram, Karena agar tercapainya
tujuan dan sasaran pelaksaan CSR tersebut. Untuk bentuk pelaksanaan CSR, Best
Western Papilio Hotel menjalankan komitmen berkelanjutan (sustainability). Dapat
memberikan perubahan pada kesejahteraan masyarakat daripada semata-mata
karitatif. Marcomm menjembatani dengan stakeholder serta menjalankan CSR
sebagai strategi branding Best Western Papilio Hotel. Dengan mengkonsepkan ide
CSR memuat news value, Sehingga dapat diliput oleh media. Keuntungannya
membuat citra hotel semakin baik dan dikenal oleh masyarakat. Menjadikan
keberadaan Best Western Papilio Hotel Surabaya diketahui masyarakat luas. Menjadi
rekomendasi akomodasi di Surabaya berada di lokasi strategis.
Actions (login required)
|
View Item |