PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI METODE PROPIOCEPTIVE NEUROMUSCULAR FASILITATION PADA CERVICALGIA ET CAUSA MUSCLE SPASME

Indra Nugraha, 151410213047 (2018) PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI METODE PROPIOCEPTIVE NEUROMUSCULAR FASILITATION PADA CERVICALGIA ET CAUSA MUSCLE SPASME. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FV.ST.03-19 Nug p Abstrak.pdf

Download (25kB)
[img] Text (Fulltext)
FV.ST.03-19 Nug p.pdf
Restricted to Registered users only until 8 May 2022.

Download (764kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cervicalgia adalah suatu nyeri yang dirasakan pada daerah servikal dimana nyeri yang timbul disebabkan oleh penggunaan secara terusmenerus dan berlebihan pada otot tersebut, penyebab lain biasanya disebabkan karena adanya kerusakan pada struktur tulang, otot, ataupun pada facet joint. Prevalensi nyeri servikal di Indonesia setiap tahunnya terus bertambah sekitar 16,6% populasi dewasa mengeluhkan rasa tidak enak dibagian servikal, bahkan 0,6% bermula dari rasa tidak enak di servikal menjadi nyeri servikal yang berat. Insiden nyeri servikal meningkat dengan bertambahnya usia, dimana lebih sering didapatkan pada wanita dari pada laki-laki dengan perbandingan 1,67:1. Tujuan dari penatalaksanaan pasien yang mengalami cervicalgia adalah untuk edukasi pasien, pengendalian rasa sakit, memperbaiki fungsi sendi yang terserang dan menghambat penyakit supaya tidak menjadi lebih parah. Cervicalgia dengan penanganan konservatif bisa dilakukan oleh fisioterapis, banyak teknik fisioterapi yang digunakan untuk mengatasi keluhan - keluhan yang diderita pasien akibat adanya penyakit ini, dan salah satu teknik yang digunakan adalah terapi latihan dengan metode PNF (Propioceptive Neuromuscular Facilitation). Pada penderita cervicalgia biasanya mengeluhkan nyeri, dan jika tidak dilakukan tindakan pengobatan secara langsung bisa mengakibatkan komplikasi seperti saraf kejepit, kelemahan otot, atropi otot, penurunan luas gerak sendi. Jika semua itu terjadi tidak menutup kemungkinan aktivitas fungsional juga akan terganggu. Teknik PNF bisa diberikan untuk mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh penyakit cervicalgia karena efek dari terapi latihan PNF antara lain: mengurangi nyeri, mempertahankan dan meningkatkan kekuatan otot, menambah luas gerak sendi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.ST.03-19 Nug p
Uncontrolled Keywords: Cervicalgia, PNF, luas gerak sendi, kekuatan otot.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Indra Nugraha, 151410213047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImam Subadi, Dr., dr.,Sp.KFR,UNSPECIFIED
Thesis advisorBambang Budi Susilo, SST.FTUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 May 2019 02:05
Last Modified: 08 May 2019 02:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82203
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item