RANAH-RANAH PENGGUNAAN BAHASA JAWA DAN MADURA OLEH MASYARAKAT MENGARE KECAMATAN BUNGAH KABUPATEN GRESIK: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

NOVI YANNI, 121511133062 (2019) RANAH-RANAH PENGGUNAAN BAHASA JAWA DAN MADURA OLEH MASYARAKAT MENGARE KECAMATAN BUNGAH KABUPATEN GRESIK: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FS.BI. 37-19 Yan r Abstrak.pdf

Download (17kB)
[img] Text (Fulltext)
FS.BI. 37-19 Yan r.pdf
Restricted to Registered users only until 16 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Ranah-Ranah Penggunaan Bahasa Jawa dan Madura oleh Masyarakat Mengare Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik: Kajian Sosiolinguistik yang bertujuan untuk mendeskripsikan ranah-ranah penggunaan bahasa Jawa dan Madura di wilayah Mengare, terutama di Desa Watuagung dan Desa Kramat. Penelitian ini menganalisis tentang pemilihan penggunaan bahasa oleh etnik Jawa ketika berinteraksi dengan sesama etnik maupun berbeda etnik, dan pemilihan penggunaan bahasa oleh etnik Madura ketika berinteraksi dengan sesama etnik maupun berbeda etnik dalam ranah keluarga, ranah kantor kelurahan, ranah jaul beli, dan ranah tetangga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode simak libat cakap dan metode rekam. Kajian sosiolinguistik digunakan dalam penelitian ini untuk membantu mendeskripsikan tentang pemilihan penggunaan bahasa oleh etnik Jawa dan Madura di pulau Mengare yang merupakan pulau dengan dua etnik. Hasil dari penelitian ini tentang penggunaan bahasa Jawa dan Madura oleh Masyarakat Mengare kecamatan Bungah Kabupaten Gresik, menunjukkan bahawa etnik Jawa dan Madura dapat berbaur bersama dan menggunakan berbagai bahasa setempat untuk berinteraksi dengan sesama etnik maupun berbeda etnik dalam ranah keluarga, ranah kantor kelurahan, ranah jual beli, dan ranah tetangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 37-19 Yan r
Uncontrolled Keywords: ranah-ranah penggunaan bahasa, bahasa Jawa, bahasa Madura, sosiolinguistik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P40 Sociolinguistics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
NOVI YANNI, 121511133062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Jalal, S.S., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 May 2019 02:52
Last Modified: 16 May 2019 02:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82421
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item