DINAMIKA RESILIENSI PADA ANAK DENGAN ORANGTUA NARAPIDANA

RANGGA SATRIAWAN ABADI, 111511133136 (2019) DINAMIKA RESILIENSI PADA ANAK DENGAN ORANGTUA NARAPIDANA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Psi. 87-19 Aba d Abstrak.pdf

Download (97kB)
[img] Text (Fulltext)
Psi. 87-19 Aba d.pdf
Restricted to Registered users only until 17 May 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dinamika resiliensi pada anak dengan orangtua narapidana serta faktor-faktor yang mempengaruhi selama proses resiliensi tersebut berjalan. Anak-anak dengan orangtua dipenjara memiliki kebutuhan khusus yang berbeda dengan lainnya. Trauma, perasaan kehilangan, kecemasan, dan ketidakpastian merupakan hasil tidak adanya orangtua dan pemisahan mereka dari orangtua. Seluruh partisipan mengalami kehidupan tanpa salah satu dari kedua orangtuanya karena menjadi narapidana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus instrumental. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yang diperoleh dengan menggunakan metode snowballing sampling. Metode penggalian data yang digunakan adalah wawancara mendalam dari partisipan dan significant other. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis tematik dengan tipe theory driven. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh partisipan mengalami resiliensi saat menghadapi permasalahannya. Partisipan mempunyai tekanan yang bervariasi dan juga pemecahan masalah yang bervariasi pula. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses tersebut juga bervariasi, seperti dukungan keluarga dan teman, jenis karakter anak, dan takut akan orangtuanya mendapat label jelek dari lingkungan sekitar. Anak dengan orangtua narapidana memiliki kemampuan kopingnya sendir-sendiri sehingga mereka mempunyai Kompetensi yang akan dicapai dengan bentuk yang berbeda-beda, seperti berpikir lebih matang, bertanggung jawab, dan menjadi pribadi yang kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 87-19 Aba d
Uncontrolled Keywords: Anak, orangtua narapidana, resiliensi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
RANGGA SATRIAWAN ABADI, 111511133136UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Hartini, Dr., S.Psi., M.Kes., Psikolog,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 May 2019 06:17
Last Modified: 17 May 2019 06:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82456
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item