PENERAPAN HIGIENE SANITASI PENYELENGGARAAN MAKANAN DI CATERING PUTA 14 SURABAYA

PUTRI INDAH FEBRIYANTI, 100810130H (2011) PENERAPAN HIGIENE SANITASI PENYELENGGARAAN MAKANAN DI CATERING PUTA 14 SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-febriyanti-abstrak.pdf

Download (265kB)
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2011-febriyanti-full text.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penerapan higiene sanitasi bagi penyelenggara makanan itu sangat penting guna menghindari kejadian-kejadian yang tidak diharapkan, contohnya kejadian keracunan makanan. Maka dari itu diperlukan penanganan yang baik dalam penyelenggaraan makanan yang sesuai dengan persyaratan yang tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 715 Tahun 2003 tentang Persyaratan Higiene Sanitasi Jasaboga. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari tentang higiene sanitasi penyelenggaraan makanan di Catering PUTA 14 Surabaya, yang meliputi proses penyelenggaraan makanan, sanitasi tempat pengolahan makanan, sarana sanitasi, personal hygiene pengolahan makanan, dan peralatan. Berdasarkan prosesnya termasuk penelitian observasional, menurut waktu merupakan penelitian cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung dengan pihak pengelola catering dan pembagian kuesioner kepada pekerja catering. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk deskriptif. Obyek penelitian ini adalah lingkungan dapur, sanitasi tempat pengolahan, sarana sanitasi, pekerja catering yang berjumlah 30 orang dan peralatan di Catering PUTA 14 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan higiene sanitasi di Catering PUTA 14 Surabaya belum sepenuhnya memenuhi persyaratan. Proses penyelenggaraan makanan dan tentang peralatan pengolahan makanan sudah memenuhi persyaratan, namun untuk sanitasi tempat pengolahan makanan, jumlah sarana sanitasi dan personal hygiene belum sepenuhnya memenuhi persyaratan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk memperbaiki konstruksi langit-langit, memperbaiki lantai yang porselinnya terkelupas, membersihkan dinding secara rutin setiap 1 minggu sekali, memberi daun pintu dan memberi pelapis kassa pada pintu, jendela dan ventilasi, juga menambah jumlah sarana sanitasi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Uncontrolled Keywords: higiene
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI INDAH FEBRIYANTI, 100810130HUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMulyono, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 May 2019 07:08
Last Modified: 23 May 2019 07:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82704
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item