Implementasi Nilai Tabligh Pada Bauran Promosi Bank Umum Syariah 'X' di Surabaya

SYARIFAH AJENG, 040610271 (2012) Implementasi Nilai Tabligh Pada Bauran Promosi Bank Umum Syariah 'X' di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2011-ajengsyari-21813-febei1-k.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-ajengsyari-18336-febei1-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai tabligh pada bauran promosi suatu bank syariah. Bank syariah yang dijadikan obyek penelitian adalah Bank Syariah “X”di Surabaya. Implementasi nilai tabligh pada bauran promosi yakni: iklan, informasi dari seseorang ke orang lain, penjualan tatap muka, event dan pengalaman, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung pada bank tersebut. Implementasi nilai tabligh dari bank tersebut dilihat dari adanya Key Performance Indicator (KPI) yang terkandung dalam sifat tabligh yakni: Komunikasi, Empati, Proaktif, Pendidikan, Motivasi, Memimpin, Spontanitas, Bijaksana, Pengaruh, Melayani, Informasi, Relationship (hubungan), Kerjasama, Dukungan, Teladan. KPI yang ada pada bauran promosi tersebut tidak akan memiliki nilai tabligh bila tanpa adanya metode dalam berkomunikasi yakni: qaulan balighan (perkataan yang membekas di hati) dan qaulan sadiidan (perkataan yang benar) dan semua perkataan tersebut harus selalu diimbangi dengan kejujuran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara mendalam dan observasi langsung kepada obyek penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan hasil-hasil wawancara secara mendalam dan observasi langsung. Hasil penelitian ini adalah Bank Syariah “X”di Surabaya telah menerapkan nilai tabligh pada bauran promosi sebatas makna tabligh secara bahasa yakni menyampaikan saja. Hal itu karena bagi nasabah nilai tabligh yang telah dilakukan pihak bank belum dilaksanakan sebagaimana seharusnya seperti makna nilai tabligh secara istilah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI 13/11 Aje i
Uncontrolled Keywords: PROMOTION; BANK AND BANKING
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
SYARIFAH AJENG, 040610271UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRIRIN TRI RATNASARI, SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 17 Jan 2012 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 21:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8281
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item