HUKUM DAN KEADILAN MASYARAKAT : (Kajian Sosilogi Hukum tentang Kasus Pencurian satu Buah Semangka yang Dilakukan Dua Orang Miskin di Kelurahan Ngampel, Kecamatan Mojoroto, KEDIRI)

UMAR SHOLAHUDIN (2011) HUKUM DAN KEADILAN MASYARAKAT : (Kajian Sosilogi Hukum tentang Kasus Pencurian satu Buah Semangka yang Dilakukan Dua Orang Miskin di Kelurahan Ngampel, Kecamatan Mojoroto, KEDIRI). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KK TSO 06- 11 SHO H.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2022.

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Kajian Sosiologi Hukum tentang Kasus Pencurian Satu Buah Semangka yang Dilakukan Dua Warga Miskin di Kelurahan Ngampel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Penelitian ini dilatari keprihatinan atas maraknya praktik ketidakdilan hukum yang menimpa masyarakat miskin. Hukum dan keadilan masyarakat seolah seperti dua kutub yang terpisah, tidak saling mendekat. Kondisi ini tentu saja berseberangan dengan dasar filosofis dari hukum itu sendiri, di mana hukum dilahirkan tidak sekedar untuk membuat tertib sosial (social order). tapi lebih dari itu adalah dapat memberikan rasa keadilan bagi masyarakat. Keadilan hukwn bagi masyarakat terutama masyarakat miskin di negeri ini bagaikan sesuatu barang yang mahal. Masyarakat miskin kerapkali menjadi korban penegakan hukum yang tidak adil. Fenomena ketidakadilan hukum ini terus terjadi dalam praktik hukum di negeri ini. Munculnya berbagai aksi protes terhadap aparat penegak hukum di pelbagai daerah, menunjukkan sistem dan praktek hukum kita sedang bermasalah

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSO 06/11 Sho h
Uncontrolled Keywords: Hukum; masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
UMAR SHOLAHUDINUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMusta'in Mashud, Prof. Dr . , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 27 May 2019 07:14
Last Modified: 27 May 2019 07:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82880
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item