ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM PENERAPAN KEWASPADAAN STANDAR DI RSUD PIRU PENELITIAN KORELASIONAL

ABRAHAM STEVEN YOTLELY, 131711123067 (2019) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM PENERAPAN KEWASPADAAN STANDAR DI RSUD PIRU PENELITIAN KORELASIONAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FKP.N. 25-19 Yot a Abstrak.pdf

Download (97kB)
[img] Text (Fulltext)
FKP.N. 25-19 Yot a.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: kewaspadaar standar adalah kewaspadaan yang diterapkan dalam perawatan pasien difasilitas pelayanan kesehatan untuk mencegah infeksi silang sebelum pasien didiagnosis, sebelum pemeriksaan laboratorium dan setelah pasien didiagnosis. Penelitian ini bertujuan menganalisa faktor yang berhubungan dengan kepatuhan perawat dalam penerapan kewaspadaan standar di RSUD Piru. Metode: Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan metode cross sectional. Populasi adalah semua perawat yang bekerja di UGD dan ruang perawatan RSUD Piru. Sampel 90 responden yang memenuhi kriteria inklusi eksklusi. Variabel dependen yaitu kepatuhan perawat, variabel independen yaitu faktor individu (pengetahuan, persepsi tentang resiko), faktor pekerjaan (hambatan penerapan kewaspadaan standar, beban kerja) dan faktor organisasi (iklim keselamatan, informasi dan pelatihan, ketersediaan sarana dan fasilitas). Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan observasi kemudian dianalisis menggunakan Regresi Logistik. Hasil: hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara persepsi tentang resiko dengan kepatuhan (p=0,423), tidak ada hubungan hambatan penerapan kewaspadaan standar (p=0,432) dan beban kerja (p=0,852) dengan kepatuhan, tidak ada hubungan iklim keselamatan (p=0,759) dan ketersediaan sarana dan fasilitas (p=0,998) dengan kepatuhan. Namun ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan (p=0,014), informasi dan pelatihan (p=0,023) dengan kepatuhan. Diskusi: perlu adanya peningkatan informasi dan pelatihan, sosialisasi kebijakan dan standar operasional prosedur yang terkait dengan kewaspadaan standar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N. 25-19 Yot a
Uncontrolled Keywords: kewaspadaan standar, faktor individu, faktor pekerjaan, faktor organisasi, kepatuhan.
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ABRAHAM STEVEN YOTLELY, 131711123067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRizki Fitryasari P. K., Dr., S.Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Thesis advisorEka Mishbahatul M.Has, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 May 2019 06:16
Last Modified: 28 May 2019 06:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82988
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item