ANALISIS FAKTOR POLA PEMBERIAN MAKAN PADA BALITA STUNTING BERDASARKAN DETERMINAN PERILAKU WHO PENELITIAN DESKRIPTIF ANALITIK

RAFIDAH AZIZAH, 131711123079 (2019) ANALISIS FAKTOR POLA PEMBERIAN MAKAN PADA BALITA STUNTING BERDASARKAN DETERMINAN PERILAKU WHO PENELITIAN DESKRIPTIF ANALITIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FKP.N. 29-19 Azi a Abstrak.pdf

Download (36kB)
[img] Text (Fulltext)
FKP.N. 29-19 Azi a.pdf
Restricted to Registered users only until 28 May 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Anak stunting merupakan masalah yang sedang dihadapi di Indonesia. Anak dengan masalah stunting menggambarkan pertumbuhan linear yang buruk, serta mempengaruhi perkembangan fisik dan mental. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah stunya yaitu pola pemberian makan yang dilakukan oleh ibu tidak tepat. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan pola pemberian makan pada balita stunting di Puskesmas Papar. Metode: Desain pada penelitian ini adalah crosssectional study. Jumlah sampel sebanyak 136 responden (ibu dan balita) menggunakan teknik cluster sampling dan simple random sampling. Variabel independen adalah pengetahuan, sikap, petugas kesehatan dan kader posyandu, serta penghasilan. Variabel dependen adalah pola pemberian makan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dan Infant and Young Child Feeding (IYCF). Data dianalisis menggunakan regresi ordinal. Hasil: Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara petugas kesehatan dan kader posyandu (p=0,001), dan penghasilan (p=0,00) dengan pola pemberian makan. Diskusi: Dapat disimpulkan bahwa pola pemberian makan pada balita stunting dapat dipengaruhi oleh petugas kesehatan dan kader posyandu serta penghasilan. Penghasilan merupakan faktor yang paling berpengaruh dengan pola pemberian makan (estimasi 15,4). Hal ini disebabkan karena semakin tinggi penghasilan, semakin besar pula variasi bahan makanan yang dapat dibeli oleh ibu. Petugas kesehatan dan kader posyandu diharapkan dapat meningkatkan upaya promotif dan preventif untuk memberikan pendidikan kesehatan untuk ibu, sehingga jumlah balita stunting tidak meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N. 29-19 Azi a
Uncontrolled Keywords: Stunting, Pola pemberian makan
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
RAFIDAH AZIZAH, 131711123079UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlya Krisnana, S.Kep.Ns., M.Kep.,UNSPECIFIED
Thesis advisorTiyas Kusumaningrum, S.Kep.Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 May 2019 06:40
Last Modified: 28 May 2019 06:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82996
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item