TEKNIK KULTUR ROTIFER (Brachionus plicatilis) SEBAGAI PAKAN ALAMI LARVA IKAN BAWAL BINTANG (Trachinotus blochii) DI BALAI BUDIDAYA AIR PAYAU SITUBONDO, JAWA TIMUR

KHOIRUNNISA ASSIDQI, 060710316 P (2010) TEKNIK KULTUR ROTIFER (Brachionus plicatilis) SEBAGAI PAKAN ALAMI LARVA IKAN BAWAL BINTANG (Trachinotus blochii) DI BALAI BUDIDAYA AIR PAYAU SITUBONDO, JAWA TIMUR. FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_KHOIRUNNISA ASSIDQI.pdf

Download (107kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_KHOIRUNNISA ASSIDQI.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan pembenihan ikan bawal bintang adalah pengelolaan dan penyediaan jasad pakan larva, khususnya pakan alami yaitu fitoplankton dan zooplankton. Upaya meningkatkan tingkat keberhasilan produksi larva yang lebih tinggi perlu pengadaan pakan yang tepat sesuai jenis, termasuk ukurannya, jumlah dan nilai gizinya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh larva ikan tersebut. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah mempelajari, memahami dan melaksanakan serta mengetahui faktor teknis dan nonteknis serta kendala-kendala yang dihadapi dalam yang mempengaruhi secara langsung teknik kultur rotifer (Brachionus plicatilis) sebagai pakan alami larva ikan bawal bintang (T. blochii) di Balai Budidaya Air Payau Situbondo, Propinsi Jawa Timur. Kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan di Balai Budidaya Air Payau Situbondo, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Juli – 31 Agustus 2010. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara dan studi pustaka. Balai Budidaya Air Payau (BBAP) Situbondo merupakan Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Direktorat Jendral Perikanan di bidang pengembangan produksi budidaya perikanan air payau yang berada dan bertanggung jawab kepada Direktorat Jendral Perikanan. Pertama kali berdiri pada tahun 1986 bernama Sub Center Udang Jawa Timur yang terletak di Desa Blitok, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo dan merupakan cabang dari Budidaya Air Payau Jepara Jawa Tengah.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: TEKNIK KULTUR ROTIFER, PAKAN ALAMI LARVA, IKAN BAWAL BINTANG
Subjects: Q Science > QC Physics > QC871-874.8 Technique, Instructions for Observers
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
KHOIRUNNISA ASSIDQI, 060710316 PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAkhmad Taufiq Mukti, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 29 May 2019 06:16
Last Modified: 29 May 2019 06:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83032
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item