ANALISIS PENGARUH STABILITAS NILAI TUKAR, INDEPENDENSI MONETER DAN ALIRAN MODAL BEBAS TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN TINGKAT INFLASI DI INDONESIA

RISTA SETYANA, 041511133002 (2019) ANALISIS PENGARUH STABILITAS NILAI TUKAR, INDEPENDENSI MONETER DAN ALIRAN MODAL BEBAS TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN TINGKAT INFLASI DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (122kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stabilitas nilai tukar (ERS), independensi moneter (MI), dan aliran modal bebas (Kaopen) terhadap pertumbuhan ekonomi (PE) dan tingkat inflasi (INF) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data time series yang dikumpulkan secara kuartal dari tahun 2001Q1-2017Q4 dan diestimasi menggunakan metode Error Correction Model (ECM). Implikasi dari adanya berbagai tantangan Bank Indonesia mengharuskan Bank Indonesia mempertegas fungsi stabilitas harga pada tingkat inflasi dan stabilitas keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, semua variabel independen mempengaruhi variabel dependen. Secara parsial, dalam jangka panjang dan jangka pendek, hanya variabel ERS pada model pertama yang mempengaruhi PE secara positif. Model kedua menunjukkan bahwa variabel MI dan Kaopen mempengaruhi INF dalam jangka pendek dan variabel ERS dan MI mampu mempengaruhi INF dalam jangka panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK C 94/19 Set a
Uncontrolled Keywords: Economic Growth, Inflation Rate, Exchange Rate Stability, Monetary Independence, Free Capital Flows, ECM.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG3810-4000 Foreign exchange. International finance. International monetary system
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
RISTA SETYANA, 041511133002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWisnu Wibowo, Dr., S.E., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2019 01:52
Last Modified: 14 Jun 2019 01:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83103
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item