FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PEMBELIAN ITEM GAME ONLINE

LUCKY GALIH PRADANA, 041211231100 (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PEMBELIAN ITEM GAME ONLINE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (501kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Game online yang tadinya berfungsi untuk menyediakan layanan hiburan semata, mulai berkembang dengan adanya fitur penjualan virtual item dalam game atau mentransfer item yang dimiliki ke pemain lain, yang bertujuan untuk menambah keuntungan dan ketertarikan pengguna. Apabila pemain game memandang suatu item menjadi bernilai, mereka memiliki kemungkinan besar untuk membeli item tersebut, yang direferensikan dengan teori nilai konsumsi. Ada empat faktor yang dapat digunakan untuk mengukur nilai terintegrasi dari pembelian item game, yaitu nilai kesenangan (enjoyment value), kompetensi karakter (character competency), nilai otoritas visual (visual authority value), dan nilai moneter (monetary value). Pada konteks permainan game, pemain cenderung untuk mengidentifikasikan dirinya dengan karakter game-nya, karena karakter tersebut merepresentasikan pengguna game dalam konteks sosial game tersebut. Sebagai akibatnya, pengguna game yang mengalami emosi nyata yang didasarkan atas aksi dari avatar-nya rela melakukan transaksi pembelian item untuk mendandani atau memperkuat karakter yang dimainkan. Ketika pemain game menikmati game online, mereka memainkan game tersebut secara rutin dan berinteraksi dengan karakter pemain game lainnya, dan mencari untuk memperoleh kekuasaan lebih daripada pemain game lainnya, sehingga memotivasi pemain game untuk membeli item game online. Oleh karenanya, kepuasan atas game akan secara positif berpengaruh terhadap niat pembelian item game. Penelitian bertujuan untuk menelaah pengaruh nilai konsumsi terintegrasi, identifikasi karakter, dan kepuasan atas game terhadap niat pembelian item game online. Responden penelitian adalah pelajar dan mahasiswa yang memainkan game DOTA II yang berjumlah 87 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan variabel bebas terdiri dari nilai konsumsi terintegrasi, identifikasi karakter, dan kepuasan atas game, sedangkan variabel terikat adalah niat pembelian item game online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai konsumsi terintegrasi, identifikasi karakter, dan kepuasan atas game, berpengaruh signifikan positif terhadap niat pembelian item game online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 164/19 Pra f
Uncontrolled Keywords: Consumption Value Theory, Character Identification, Game Satisfaction, The intention of purchasing online game items.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
LUCKY GALIH PRADANA, 041211231100UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDien Mardhiyah, Dr.,Se., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2019 03:10
Last Modified: 14 Jun 2019 03:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83122
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item