JANGKA WAKTU PENDAFTARAN AKTA PERJANJIAN JAMINAN FIDUSIA

PUJO ANGGORO KURNIAWAN, 030942130 (2012) JANGKA WAKTU PENDAFTARAN AKTA PERJANJIAN JAMINAN FIDUSIA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (Fulltext)
TE 60-93 SUM A.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam kebidupan sehari-hari keperluan akan dana sehagai alat untuk melakukan kegiatan ekonomi dan sebagai modal terus meningkat. Keadaan tersebut menimbulkan hubungan antara pihak, dan kesepakatan tersebut merupakan awal dari lahirnya perjanjian hutang piutang. Setelah lahirnya perjanjian hutang piutang, maka tentunya akan lahir hak dan kewajiban dari kedua belah pihak. Keadaan demikian tentunya akan menimbulkan kekhawatiran atau rasa tidak aman bagi kreditur terbadap pengembalian uang yang telah dipinjamkannya jaminan merupakan hal yang penting dalam membuat dan melaksanakan perjanjian hutang piutang. Membabas mengenai perjanjian jaminan tidak dapat terlepas dari hukum benda karena berkaitan sangat erat, terutama dalam jaminan kebendaan. Jaminan yang paling diminati oleh pihak bank dan pihak lainnya sebagai kreditur adalah jaminan kebendaan, jaminan kebendaan yang dikenal dalam hukum positif di Indonesia adalah jaminan fidusia Untuk menciptakan perlindungan terhadap kreditor maka terlebih dahulu perjanjian jaminan Fidusia harus didaftarkan, seperti yang diatur dalam Pasal II UUJF. Namun masih terdapat permasalahan yaitu tentang apa sebenarnya yang didaftar dalam pendaftaran Jaminan Fidusia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK_2 TMK
Uncontrolled Keywords: Perjanjian jaminan / Fidusia
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7340-7512 Commercial law > K7350-7444 Commercial contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
PUJO ANGGORO KURNIAWAN, 030942130UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMOCH. ISNAENI, Prof Dr SH MSUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 14 Jun 2019 03:37
Last Modified: 21 Jun 2019 04:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83124
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item