PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER CONGRUENCE DENGAN BRAND DAN KONSUMEN TERHADAP PERCEIVED SMI CREDIBILITY, ATTITUDE TOWARD ADVERTISING, ATTITUDE TOWARD PRODUCT, DAN PURCHASE INTENTION GENERASI MILLENIAL PADA PRODUK KECANTIKAN DALAM IKLAN DI INSTAGRAM

DIANDRA SWASTIKAPUTRI PARAMITHA, 041511233012 (2019) PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER CONGRUENCE DENGAN BRAND DAN KONSUMEN TERHADAP PERCEIVED SMI CREDIBILITY, ATTITUDE TOWARD ADVERTISING, ATTITUDE TOWARD PRODUCT, DAN PURCHASE INTENTION GENERASI MILLENIAL PADA PRODUK KECANTIKAN DALAM IKLAN DI INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (24kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin efektifnya pengaruh social media influencer di Instagram membuat pemasar memanfaatkannya untuk mengiklankan dan memasarkan mereknya. Social media influencer dianggap mampu mempengaruhi opini hingga keputusan pembelian konsumen di media sosial secara kuat dibandingkan pesan iklan yang dibuat merek. Pemilihan social media influencer ini menjadi faktor kunci dalam mempengaruhi konsumen Millenial, sumber yang relevan adalah sumber yang terpercaya dalam menyampaikan pesan baginya. Terdapat aspek penting yang perlu diperhatikan pemasar dalam memilih influencer agar menghasilkan efektivitas periklanan merek yang besar, yaitu kongruensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas periklanan yaitu perceived SMI credibility, attitude toward advertising, attitude toward product dan purchase intention yang dipengaruhi dari kedua dimensi kongruensi SMI/brand congruence (kongruensi antara SMI dengan merek) dan SMI/consumer congruence (kongruensi antara SMI dengan konsumen). Pada penelitian ini responden disajikan sebuah gambar iklan produk yang ditampilkan oleh beauty influencer di Instagram terkait dengan produk dari merek kecantikan halal yang familiar di Indonesia yaitu Wardah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survei dan menggunakan uji SEM-PLS dengan Smartpls. Responden dalam penelitian ini merupakan wanita yang digolongkan sebagai Millenial berumur 18-36 tahun dengan jumlah 320 responden yang telah memenuhi screening. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel SMI/brand congruence dan SMI/consumer congruence berpengaruh positif pada perceived SMI credibility, attitude toward advertising, attitude toward product, dan purchase intention terutama pada produk kecantikan dalam iklan yang ditampilkan influencer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 179/19 Par p
Uncontrolled Keywords: SMI/brand congruence, SMI/consumer congruence, perceived SMI credibility, attitude toward advertising, attitude toward product, purchase intention, SEM.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ19-30.7 Sexual behavior and attitudes. Sexuality
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DIANDRA SWASTIKAPUTRI PARAMITHA, 041511233012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSonny Kusumasondjaja, SE., M.Com., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2019 05:49
Last Modified: 14 Jun 2019 05:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83155
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item