MEDIASI-ARBITRASE (MED-ARB) SEBAGAI FORUM PENYELESAIAN SENGKETA KONTRAK KOMERSIAL

LINTANG YUDHANTAKA, 031724153003 (2019) MEDIASI-ARBITRASE (MED-ARB) SEBAGAI FORUM PENYELESAIAN SENGKETA KONTRAK KOMERSIAL. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
THB. 10-19 Yud m Abstrak.pdf

Download (66kB)
[img] Text (Fulltext)
THB. 10-19 Yud m.pdf
Restricted to Registered users only until 19 June 2022.

Download (938kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Maraknya kasus yang bersifat keperdataan dalam kaitannya dengan sengketa kontrak komersial selalu berakhir pada ranah litigasi yang dilakukan melalui proses gugatan berdasarkan ketentuan Hukum Acara. Sistem penyelesaian sengketa di pengadilan yang tidak menjamin kerahasiaan, perselisihan yang berbuntut permusuhan antara para pihak yang berperkara, proses persidangan yang memakan waktu cukup lama hingga mengeluarkan biaya yang sangat besar menjadi alasan banyak pihak memilih untuk menyelesaikannya melalui penyelesaian sengketa alternatif. Di antara berbagai mekanisme penyelesaian sengketa alternatif, mediasi dan arbitrase telah semakin mendapatkan pengakuan dan penerimaan. Hibridasinya, yaitu Mediasi-Arbitrase (Med-Arb), juga telah muncul dan telah menerima banyak perhatian dan apresiasi. Melalui penelitian hukum normatif dan menggunakan metode penelitian secara deskriptif analisis, diperoleh hasil bahwa sengketa kontrak komersial yang bersifat keperdataan penyelesaiannya dapat dilakukan di luar pengadilan melalui penyelesaian sengketa alternatif dalam hal ini melalui Med-Arb. Kesepakatan perdamaian yang dibuat oleh para pihak dengan bantuan mediator dalam proses Med-Arb akan mengikat para pihak pada proses arbitrase, yang akan menghasilkan putusan arbitrase yang bersifat final dan mengikat. Kelemahan daripada mediasi disempurnakan oleh arbitrase yang bersifat final dan mengikat dalam satu proses penyelesaian. Sehingga Med-Arb dapat menjadi sarana penyelesaian sengketa yang memenuhi asas keadilan dan kepastian hukum.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THB. 10-19 Yud m
Uncontrolled Keywords: Med-Arb, Penyelesaian Sengketa Alternatif, Kontrak Komersial
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Forensik
Creators:
CreatorsNIM
LINTANG YUDHANTAKA, 031724153003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Sogar Simamora, Prof. Dr., S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Jun 2019 02:45
Last Modified: 19 Jun 2019 02:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83350
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item