POPULARITAS DRAMA WINTER SONATA DAN PENGARUHNYA DI JEPANG

ACHMAD JABBAR, 071411231071 (2019) POPULARITAS DRAMA WINTER SONATA DAN PENGARUHNYA DI JEPANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.HI.30 19 Jab p.pdf

Download (622kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.HI.30 19 Jab p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.HI.30 19 Jab p.pdf

Download (192kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Korea Selatan telah merintis jalan dalam pengembangan industri hiburan, salah satunya dengan merambah pasar Asia. Pada akhir 1990-an, drama TV dan film Korea telah banyak diekspor di banyak negara Asia. Fenomena ini telah disebut sebagai Gelombang Korea atau Korean Wave, yang berarti melonjaknya ledakan budaya pop Korea ke beberapa wilayah regional. Fenomena Korean Wave ini dapat diterima di beberapa negara kawasan regional, namun kurang mengena pada Jepang. Industri hiburan Korea Selatan sulit masuk ke Jepang karena masih adanya sentimen negatif dari warga Jepang terutama para penduduk tua akan citra Korea Selatan yang dulu adalah negara jajahan Jepang. Namun di tengah citra negatif Jepang tersebut ternyata kemunculan drama winter Sonata yang disiarkan oleh televisi nasional Jepang berhasil meraih simpati warga Jepang atas industri budaya Korea Selatan ini. Tulisan ini membahas tentang bagaimana drama serial Winter Sonata dapat meraih perhatian para penonton Jepang secara luas sedangkan produk Korea Selatan sendiri semula tidak begitu dilirik di Jepang. Serta bagaimana pengaruh national branding drama ini bisa memengaruhi perkembangan Korean Wave dan sudut pandang masyarakat Jepang terhadap Korea.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.30/19 Jab p
Uncontrolled Keywords: Korea, Jepang, Korean Wave, budaya, perspektif, drama, Winter Sonata
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
ACHMAD JABBAR, 071411231071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilik Salamah, Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Jun 2019 09:12
Last Modified: 21 Jun 2019 09:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83501
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item