PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DALAM PENCIPTAAN KARYA TARI DI KALANGAN MAHASISWA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) TARI DI SURABAYA

MAWAR AN NISAH, 071411631081 (2019) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DALAM PENCIPTAAN KARYA TARI DI KALANGAN MAHASISWA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) TARI DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.28 19 Nis p.pdf

Download (25kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.28 19 Nis p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.28 19 Nis p.pdf

Download (457kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku penemuan informasi dapat dilatar belakangi adanya tuntutan peran dan tugas. Tuntutan peran dan tugas dapat memunculkan kebutuhan informasi sesuai dengan peran dan tugas yang disandang oleh mahasiswa UKM Tari di Surabaya. Dalam proses penciptaan karya tari, mahasiswa UKM Tari di Surabaya dalam menjalankan peran dan tugasnya memiliki tiga peran dalam dua proses tahapan. Perannya meliputi peran konseptor, peran koreografer dan peran penari. Kemudian dua proses tahapannya yaitu tahapan proses garap ide dan proses garap gerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peran kerja yang mendoronng adanya kebutuhan informasi dan mengetahui bangaimana gambaran perilaku penemuan informasi mahasiswa UKM Tari di Surabaya dalam penciptaan karya tari. Penelitian ini dikaji menggunakan teori perilaku penemuan informasi professional dari Gloria J. Leckie, Karen E. Pettigrew and Christian Sylvain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tuntutan peran dan tugas merupakan situasi yang melatarbelakangi munculnya kebutuhan informasi (56%), kemudian informasi yang dibutuhkan pada proses garap ide yaitu informasi tentang sejarah atau cerita rakyat (50%), sedangkan dalam proses garap gerak informasi yang dibutuhkan yaitu informasi tentang ragam gerak tari atau koreografi (71%). Sumber informasi yang digunakan oleh mahasiswa UKM Tari di Surabaya yaitu sumber informasi tercetak berupa buku (88%) dan sumber informasi non cetak berupa youtube (82%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.28/19 Nis p
Uncontrolled Keywords: Penemuan Informasi, Tari, UKM , Indonesia
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
MAWAR AN NISAH, 071411631081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jun 2019 08:19
Last Modified: 24 Jun 2019 08:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83606
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item