MANAJEMEN PEMELIHARAAN SAPI PERAH PERANAKAN FRIES HOLAND DI PETERNAKAN H.SYUKUR KELURAHAN BULAK KECAMATAN KENJERAN SURABAYA

AULIA RAHMA, 061310113015 (2017) MANAJEMEN PEMELIHARAAN SAPI PERAH PERANAKAN FRIES HOLAND DI PETERNAKAN H.SYUKUR KELURAHAN BULAK KECAMATAN KENJERAN SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KK FV KT.031-17 Rah m ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KK FV KT.031-17 Rah m TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only until June 2022.

Download (616kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesimpulan mengenai manejemen pemeliharaan sapi perah yang dilaksanakan di peternakan milik H.Syukur adalah manajemen pemeliharaan pada sapi perah, sapi dara, dan jantan, meliputi: manajemen pemberian pakan yang sudah cukup baik karena sudah memenuhi nilai gizi pakan untuk sapi perah tetapi kurangnya adalah hijauan yang tidak dipotong menggunakan chopper atau dipotong menggunakan sabit sehingga hal tersebut membuat tidak efektif dalam pemberian pakan, sanitasi kandang baik karena selalu dalam keadaan bersih saat sebelum pemerahan baik pagi maupun sore hari, pemerahan cukup baik karena sebelum sapi diperah sapi dimandikan dan dibersihkan ambingnya terlebih dahulu sehingga mengurangi terjadinya mastitis tetapi kurangnya adalah puting tidak dicelupkan larutan desinfektan dan untuk pengobatan sapi yang sakit menggunakan obat tradisional yang cukup baik. Susu hasil pemerahan di peternakan ini dijual ke pelanggan ataupun pengecer tetapi kekurangannya adalah jika susu tidak ada yang membeli maka susu dibuang atau diberikan ke tetangga, hal tersebut membuat rugi peternak karena hasil produksi tidak dimanfaatkan. Pakan yang diberikan berupa hijauan (rumput lapangan) dan konsentrat atau coboran berupa ampas tahu, ampas tempe, dan ampas singkong.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KK FV.KT.031/17 Rah m
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF380-388 Goats
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Peternakan
Creators:
CreatorsNIM
AULIA RAHMA, 061310113015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPoedji Hastutiek, Dr., drh., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 25 Jun 2019 07:23
Last Modified: 25 Jun 2019 07:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83730
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item