PROSES OSTEOGENESIS PADA DEFEK MANDIBULA PASCA APLIKASI DEMINERALIZED FREEZE DRIED BOVINE BONE XENOGRAFT (DFDBBX)

RISKA DIANA, 021228016301 (2019) PROSES OSTEOGENESIS PADA DEFEK MANDIBULA PASCA APLIKASI DEMINERALIZED FREEZE DRIED BOVINE BONE XENOGRAFT (DFDBBX). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak1.pdf

Download (88kB)
[img] Text (daftar isi)
daftar isi.pdf

Download (99kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (114kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 25 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Tingginya tingkat kebutuhan bone graft menyebabkan pengembangan biomaterial graft terus dikembangkan. Untuk itu bahan xenograft dipilih sebagai alternatif pilihan. BHA merupakan bahan alternatif yang lebih dahulu direkomendasikan. Kelebihan BHA adalah bersifat osteokonduksi, mencegah kolaps, berpengaruh lebih cepat memicu proses mineralisasi tulang. DFDBBX merupakan bone graft yang direkomendasikan sebagai bahan alternatif lain yang mengandung growth factor berpotensi osteoinduksi. Tujuan : Mengetahui apakah terdapat perbedaan efektivitas pembentukan tulang baru pada defek mandibula kelinci paska penanaman DFDBBX dan BHA. Metode : Penelitian ini menggunakan 30 ekor New Zealand White Rabbit yang dibagi ke dalam 3 kelompok yaitu kelompok kontrol, kelompok BHA, dan kelompok DFDBBX kemudian dibagi ke dalam 2 kelompok waktu pengamatan yaitu minggu ke-4 dan minggu ke-8. Pengamatan dilakukan setelah terminasi untuk mengetahui volume pembentukan tulang baru menggunakan micro-CT kemudian dilakukan pengecatan histologi Masson’s Trichrome untuk mengamati kualitas penyembuhan tulang baru. Hasil : Volume pembentukan tulang baru paska pemberian BHA lebih tinggi dibandingkan dengan DFDBBX, namun memiliki perbedaan secara tidak bermakna (P>0,05). Kualitas penyembuhan tulang baru paska pemberian BHA lebih tinggi dibandingkan dengan DFDBBX dan memiliki perbedaan secara bermakna (P<0,05) dibandingkan kelompok kontrol, namun tidak memiliki perbedaan secara bermakna (P>0,05) dibandingkan dengan DFDBBX . Kesimpulan: DFDBBX memiliki efektivitas pembentukan tulang baru yang setara dengan BHA pada defek mandibula, namun BHA memiliki potensi induksi merangsang pembentukan tulang baru lebih cepat daripada DFDBBX.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK Tkkli 41/19 Dia p
Uncontrolled Keywords: Demineralized Freeze Dried Bovine Bone Xenograft, Bovine Hidroxyapatite, volume pembentukan tulang baru, kualitas penyembuhan tulang baru, Micro CT
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran Dasar
Creators:
CreatorsNIM
RISKA DIANA, 021228016301UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDavid B. Kamadjaja, Dr. , drg., MDS., Sp.BM(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2019 09:34
Last Modified: 25 Jun 2019 09:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83775
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item