MONICA ESTHER RIWOE, 040036987 (2006) PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN ATAS KUALITAS JASA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN WORKSHOP DI DIGITAL STUDIO WORKSHOP SCHOOL of COMPUTER GRAPHICS SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2006-riwoemonic-2918-b120_06-k.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-riwoemonic-2918-b_120_06.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Untuk mewujudkan kepuasan konsumen tidaklah mudah. Segala usaha dilakukan perusahaan untuk memuaskan konsumen. Seorang konsumen yang merasa puas dengan jasa yang diterimanya akan memperlihatkan kecenderungan yang besar untuk menggunakan kembali jasa yang ditawarkan. Penelitian ini meneliti pengaruh kepuasan konsumen atas kualitas jasa terhadap minat melanjutkan workshop di Digital Studio Workshop, School of Computer Graphics, Surabaya. Responden yang diteliti adalah siswa Digital Studio Workshop, School of Computer Graphics, Surabaya yang berusia 12 tahun ke atas yang pada saat penelitian sedang mengikuti workshop. Penelitian ini dilakukan mengingat pentingnya kepuasan konsumen sebagai komponen yang sangat menentukan keberhasilan suatu bisnis. Digital Studio Workshop, School of Computer Graphics, Surabaya adalah salah satu lembaga pendidikan komputer grafis yang berusaha memberikan pelayanan yang baik di bidang komputer grafis. Untuk itu dirasa penting mengetahui kepuasan konsumen melalui kualitas jasa yang meliputi dimensi bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy) yang berpengaruh terhadap minat melanjutkan workshop di Digital Studio Workshop, School of Computer Graphics, Surabaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : "Apakah kepuasan konsumen atas kualitas jasa yang meliputi dimensi bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap minat melanjutkan workshop ke tahap berikutnya di Digital Studio Workshop, School of Computer Graphics, Surabaya ?" Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : "Kepuasan konsumen atas kualitas jasa yang meliputi dimensi bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap minat melanjutkan workshop ke tahap berikutnya di Digital Studio Workshop, School of Computer Graphics, Surabaya" Setelah diuji menggunakan alat uji Regresi Linier Berganda, maka dapat disusun persamaan regresi sebagai berikut : Y = -0,224 + 0,205 X1 + 0,268 X2 + 0,146 X3 + 0,227 X4 + 0,207 X5 + e Berdasarkan analisis dan perhitungan statistik, maka dihasilkan : 1. Minat melanjutkan workshop secara signifikan dipengaruhi, baik secara bersama-sama maupun secara parsial, oleh dimensi kualitas jasa yang meliputi dimensi bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy). 2. Dari hasil penelitian ini diketahui R2 sebesar 0,660, ini berarti bahwa pengaruh minat melanjutkan workshop sebesar 66% dijelaskan atau dipengaruhi oleh kepuasan atas kualitas jasa yang meliputi dimensi bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy), sedangakn sisanya yaitu 34% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. 3. Berdasarkan nilai Fhitung = 36,484 yang lebih besar dari Ftabel = 2,42 dan nilai thitung masing-masing variabel bebas yang juga diketahui lebih besar dari ttabei = 1,986, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini terbukti kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 120/06 Riw p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER SATISFACTION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Electronic digital computers -- Programming |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Shela Erlangga Putri | ||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2006 12:00 | ||||||
Last Modified: | 16 Jun 2017 17:10 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8386 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |