FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEBUTUHAN TRANSFUSI PACKED RED CELL INTRAOPERATIF PADA PASIEN PEDIATRIK YANG MENJALANI OPERASI TRANSPLANTASI HATI DI RSUPN CIPTO MANGUNKUSUMO : STUDI RETROSPEKTIF

CHRISTOPHER KAPUANGAN, NIM011519019302 (2019) FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEBUTUHAN TRANSFUSI PACKED RED CELL INTRAOPERATIF PADA PASIEN PEDIATRIK YANG MENJALANI OPERASI TRANSPLANTASI HATI DI RSUPN CIPTO MANGUNKUSUMO : STUDI RETROSPEKTIF. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKA KK PPDS.AT.12-19 Kap f ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKA KK PPDS.AT.12-19 Kap f DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKA KK PPDS.AT.12-19 Kap f DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKA KK PPDS.AT.12-19 Kap f LAPEN.pdf

Download (624kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perdarahan masif merupakan salah satu masalah yang sering ditemui selama prosedur transplantasi hati. Pemberian Packed Red Cells (PRC) merupakan hal yang esensial selama proses transplantasi hati, karena penggunaan komponen darah selama prosedur operasi dapat meningkatkan luaran pembedahan. Sangat penting untuk memberikan PRC dalam jumlah yang tepat untuk mengoptimalisasi luaran prosedur. Penelitian ini bertujuan menganalisis beberapa faktor perioperatif dan intraoperatifyang dapat memprediksi kebutuhan transfusi PRC dalam transplantasi hati. Penelitian ini merupakan studi deskriptif analitik retrospektif. Data rekam medis semua pasien yang menjalani transplantasi hati di RSUPN Cipto Mangunkusumo pada tahun 2010-2018 dikumpulkan dan dianalisis. Faktor-faktor prediktor yang diteliti (variabel independen) adalah jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, kadar hemoglobin, trombosit preoperatif, nilai PT/aPTT, nilai INR, albumin, dan skor PELD (Pediatric End-stage), jumlah perdarahan, dan durasi operasi. Variabel dependen yang dinilai adalah kebutuhan transfusi PRC. Data akan dianalisis dengan membandingkan rerata variabel independen untuk setiap kelompok variabel dependen, serta korelasi antara variabel independen dan dependen dengan regresi. Berdasarkan analisis statistika, berat badan dan jumlah perdarahan, secara signifikan mempengaruhi kebutuhan transfusi (nilai p<0.05). Meskipun demikian, variabel independen lain juga berpotensi memberikan signifikansi klinis mengingat pasien pediatrik adalah kelompok pasien yang unik dalam masa tumbuh kembang dengan volume darah yang relatif kecil dibandingkan dewasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK PPDS.AT.12/19 Kap f
Uncontrolled Keywords: liver transplantation, predictor, Packed Red Cell, pediatric
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kesehatan Anak (Sub Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
CHRISTOPHER KAPUANGAN, NIM011519019302NIM011519019302
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorELIZEUS HANINDITO, Dr., dr.Sp.An., KJC, KAPUNSPECIFIED
Thesis advisorARIE DATRIANI, Dr., dr.Sp.An., KAPUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 26 Jun 2019 06:48
Last Modified: 27 Jun 2019 08:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83891
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item