HUBUNGAN KADAR INTERLEUKIN 6 (IL-6) DENGAN KADAR SMALL DENSE-LOW DENSITY LIPOPROTEIN (sd-LDL) PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II (T2DM)

SUARDI, 091624353005 (2019) HUBUNGAN KADAR INTERLEUKIN 6 (IL-6) DENGAN KADAR SMALL DENSE-LOW DENSITY LIPOPROTEIN (sd-LDL) PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II (T2DM). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TI. 05-19 Sua h Abstrak.pdf

Download (73kB)
[img] Text (Daftar Isi)
TI. 05-19 Sua h Daftar Isi.pdf

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
TI. 05-19 Sua h Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB)
[img] Text (Fulltext)
TI. 05-19 Sua h.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) tergolong penyakit degeneratif tidak menular yang akan meningkat jumlahnya dimasa yang akan datang. Hal ini terbukti dengan semakin tingginya angka kejadian Diabetes dari setiap dekade. Salah satu alasan yang mendasari peningkatan risiko pada pasien T2DM adalah dislipidemia aterogenik, yang umum terjadi pada pasien T2DM dan ditandai oleh kadar kolesterol plasma High Density Lipoprotein (HDL) yang rendah, peningkatan kadar Trigliserida (TG) serum, khususnya lipoprotein densitas sangat rendah. trigliserida, dan peningkatan kadar partikel Small Dense LDL (sd-LDL). . Pada T2DM ditandai dengan hiperglikemia, yang dapat mengakibatkan terjadinya suatu inflamasi, serta akan merangsang respon imun non spesifik sehingga makrofag akan teraktifasi untuk mengeluarkan sitokin proinflamasi seperti TNF-α, IL-1,IL-6 dan IL-8. Sitokin ini bisa menyebabkan resistensi insulin pada T2DM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan IL-6 dengan sd-LDL pada pasien penyakit T2DM. Pengumpulan sampel dengan cara pengambilan darah vena dari objek penelitian yang memenuhi kriteri inklusi dan eksklusi. Plasma darah yang diambil dari subjek penelitian selanjutnya dipisah dengan menggunakan centrifuge kemudian dikumpulkan dan disimpan dalam suhu -80o C untuk nantinya dilakukan pemeriksaan sd-LDL (Homogenus Enzimatic Assay) dan IL-6 (ELISA). Hasil pemeriksaan uji korelasi Spearman didapatkan P volue 0,451 (P> 0,05). Kesimpulan penelitian yaitu tidak ada hubungan yang signifikan antara kadar IL-6 dengan kadar sd-LDL pada penyakit Diabetes Melitus Tipe 2. Pada hasil pemeriksaan IL-6 pada 30 responden rata-rata mengalami peningkatan atau diatas normal sedangkan pada pemeriksaan kadar sd-LDL pada 30 responden semuanya normal sehingga mengakibatkan tidak adanya korelasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TI. 05-19 Sua h
Uncontrolled Keywords: Interleukin 6, Small Dense-LDL, Diabetes Mellitus tipe 2
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Imunologi
Creators:
CreatorsNIM
SUARDI, 091624353005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusak Nugraha, Prof. Dr., dr., MS., Sp.PK(K) 2. Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorPudji Lestari, Dr., dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Jun 2019 09:52
Last Modified: 26 Jun 2019 09:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83926
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item