PENGARUH EDUKASI KESEHATAN PERAWATAN KAKI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PENCEGAHAN ULKUS KAKI DIABETIK

MUNALI, 131711123074 (2019) PENGARUH EDUKASI KESEHATAN PERAWATAN KAKI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PENCEGAHAN ULKUS KAKI DIABETIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FKP.N. 34-19 Mun p.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Penderita Diabetes melitus beresiko 15% terjadinya ulkus kaki diabetik. Ulkus kaki diabetik tidak akan terjadi bila penderita DM mempunyai pengetahuan dan mau menjaga serta merawat kaki secara rutin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan terhadap pengetahuan , sikap dan tindakan pencegahan ulkus kaki diabetik . Metode. Rancangan penelitian quasy experiment pre test - post test control group design. Sampel adalah penderita DM yang berkunjung ke Puskesmas Kota Bangkalan, teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dengan besar sampel sebanyak 35 orang pada kelompok perlakuan dan 35 orang kelompok kontrol. Variabel independen edukasi kesehatan, variabel dependen pengetahuan, sikap dan tindakan pencegahan ulkus kaki diabetik. Pengumpulan data dengan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test dan Mann-Whitney Test. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan : ada pengaruh edukasi kesehatan terhadap pengetahuan (p= 0,000 ) , sikap (p= 0,000 ) dan tindakan (p= 0,000 ) pencegahan ulkus kaki diabetik. Diskusi. Pendidikan kesehatan sebagai upaya persuasi terhadap penderita DM agar bertanggung jawab terhadap kesehatannya dengan terlebih dahulu meningkatkan pengetahuan dan sikap mereka. Penelitian selanjutnya harus menggunakan instrumen yang lebih dapat diandalkan namun sederhana untuk mengukur pengetahuan serta menghindari bias pengukurannya. Kata kunci: edukasi kesehatan, pengetahuan, sikap, tindakan, penderita DM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N. 34/19 Mun p
Uncontrolled Keywords: edukasi kesehatan, pengetahuan, sikap, tindakan, penderita DM
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsNIM
MUNALI, 131711123074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKusnanto, Dr. S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorHj. Hanik Endang Nihayati, Dr. , S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 27 Jun 2019 01:46
Last Modified: 27 Jun 2019 01:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83969
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item