ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT Gracilaria sp. PADA TAMBAK TRADISIONAL DI DUSUN TANJUNGSARI DESA KUPANG KECAMATAN JABON KABUPATEN SIDOARJO JAWA TIMUR

MOHAMAD KHOLILUR RACHMAN, 141411131012 (2019) ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT Gracilaria sp. PADA TAMBAK TRADISIONAL DI DUSUN TANJUNGSARI DESA KUPANG KECAMATAN JABON KABUPATEN SIDOARJO JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Fakultas Perikanan dan Kelautan.

[img] Text (ABSTRAK)
PK BP 49.19 Rac a abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
PK BP 49.19 Rac a daftar isi.pdf

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PK BP 49.19 Rac a daftar pustaka.pdf

Download (43kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP 49.19 Rac a fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 27 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemanfaatan wilayah pesisir di Indonesia, 2/3 wilayah Indonesia merupakan wilayah pesisir. Salah satu pemanfaatan wilayah pesisir yaitu dengan berbudidaya pada tambak tradisional. Kabupaten Sidoarjo dikenal sebagai sentra budidaya tambak. Salah satu komoditi yang sedang digalakkan oleh pemerintah dan dilaksanakan oleh masyarakat Kecamatan Jabon adalah budidaya rumput laut Gracilaria sp. Pembudidaya tambak tradisional umumnya tidak menganalisis hasil kelayakan usaha yang dijalani, sehingga kelayakan usahanya tidak diketahui dengan pasti. Penentuan layak atau tidaknya suatu usaha adalah dengan cara membandingkan masing-masing nilai kriteria kelayakan dengan batas-batas kelayakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat produktivitas hasil rumput laut Gracilaria sp. dan kelayakan usaha budidaya rumput laut Gracilaria sp pada tambak tradisional di Dusun Tanjungsari, Desa Kupang, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian survey. Metode survey adalah metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan wawancara terstruktur. Penggunaan metode survey akan memudahkan peneliti untuk memperoleh data yang akan digunakan dalam penelitian. Hasil produktivitas budidaya rumput laut Gracilaria sp. pada tambak tradisional di Dusun Tanjungsari dilihat dari data hasil produksi rumput laut selama 3 tahun terakhir mengalami kenaikan, Sehingga budidaya rumput laut di Dusun Tanjungsar layak untuk dilanjutkan. Analisis kelayakan usaha budidaya rumput laut Gracilaria sp. pada tambak tradisional di Dusun Tanjungsari dilihat dari hasil analisis aspek finansial (Net Present Value, Internal Rate Return, Net B/C Ratio, Payback Period dan Break Even Point) dan aspek non finansial (aspek pasar, aspek teknis, aspek sosial, ekonomi dan budaya dan aspek lingkungan) selama 3 tahun dapat dikatakan layak untuk dilanjutkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 49/19 Rac c
Uncontrolled Keywords: rumput laut
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
MOHAMAD KHOLILUR RACHMAN, 141411131012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAdriana Monica SahiduUNSPECIFIED
Thesis advisorEpy M. Luqman, Dr., drh., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:51
Last Modified: 27 Jun 2019 04:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84041
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item