PENGARUH MOUTHWASH DISERTAI MENGUNYAH PERMEN KARET XYLITOL TERHADAP PH SALIVA, LAJU ALIRAN SALIVA DAN XEROSTOMIA PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS

ALFRIDA SEMUEL RA’BUNG, 131714153024 (2019) PENGARUH MOUTHWASH DISERTAI MENGUNYAH PERMEN KARET XYLITOL TERHADAP PH SALIVA, LAJU ALIRAN SALIVA DAN XEROSTOMIA PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text (daftar isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (fulltext)
TKP.05-19 Ra'b p.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Intervensi mouthwash larutan baking soda 1% dan mengunyah permen karet xylitol diketahui dapat meningkatkan pH saliva, meningkatkan laju aliran saliva dan menurukan xerostomia, namun belum ditemukan adanya penelitian yang membuktikan efektifitasnya jika kedua intervensi ini digabungkan untuk mengatasi xerostomia. Tujuan penelitian adalah menjelaskan pengaruh mouthwash baking soda 1% disertai mengunyah permen karet xylitol terhadap pH saliva, laju aliran saliva, dan xerostomia pada pasien yang menjalani hemodialisis. Metode: Penelitian menggunakan quasi eksperiement dengan rancangan pre – post test control group design. Populasi pasien yang menjalani hemodialisis di RSUD Undata dan RSU Anutapura Palu pada bulan februari 2019 sebanyak 149 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan jumlah responden yang sesuai dengan kriteria inklusi adalah sebanyak 69 responden. Intervensi mouthwash baking soda 1% disertai mengunyah permen karet xylitol dilakukan 3 hari sehari setelah makan berat selama 2 minggu. Alat ukur xerostomia menggunakan SXI-D, laju aliran saliva menggunakan spitting method dan pH saliva menggunakan pH strips paper. Analisis data menggunakan uji manova. Hasil: Terdapat perbedaan pH saliva p 0,001 (p < 0,05), laju aliran saliva p 0,001 (p < 0,05) dan perbedaan xerostomia p 0,001 (p < 0,05) sebelum dan setelah intervensi mouthwash disertai mengunyah permen karet xylitol. Kesimpulan: Intervensi mouthwash disertai mengunyah permen karet xylitol dapat meningkatkan pH saliva, meningkatkan laju aliran saliva dan menurukan xerostomia pada pasien yang menjalani hemodialisis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.05/19 Ra'b p
Uncontrolled Keywords: mouthwash baking soda, chewing xylitol gum, xerostomia, salivary flow rate, salivary pH, hemodialysis.
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ALFRIDA SEMUEL RA’BUNG, 131714153024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Ketut Sudiana, Prof. Dr. , Drs.,M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorLaily Hidayati, , S.Kep.,Ns.,M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:25
Last Modified: 27 Jun 2019 06:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84134
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item