HYBRID ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (ABC) DAN SIMULATED ANNEALING (SA) UNTUK MENYELESAIKAN MULTITRIPS VEHICLE ROUTING PROBLEM (MTVRP)

Refa Angreini Ayuningputri, 081311233028 (2019) HYBRID ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (ABC) DAN SIMULATED ANNEALING (SA) UNTUK MENYELESAIKAN MULTITRIPS VEHICLE ROUTING PROBLEM (MTVRP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
MPM 50-19 Ayu H - ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (FULLTEXT)
MPM 50-19 Ayu H - DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
MPM 50-19 Ayu H - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] Text (FULLTEXT)
MPM 50-19 Ayu H.pdf
Restricted to Registered users only until 27 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah Multi-Trip Vehicle Routing Problem (MTVRP) menggunakan hybrid Artificial Bee Colony (ABC) dengan Simulated Annealing (SA). Multi Trip Vehicle Routing Problem (MTVRP) adalah permasalahan dari Vehicle Routing Problem (VRP) dengan perluasan dan penambahan multi trip pada setiap kendaraan ketika mendistribusikan barang kepada customer. Tujuan dari permasalah ini adalah membentuk satu urutan pelanggan pada setiap rute kendaraan yang dapat meminimumkan jarak tempuh tanpa melanggar kendala kapasitas kendaraan dan waktu maksimal yang ada. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan MTVRP adalah hybrid Artificial Bee Colony (ABC) dengan Simulated Annealing (SA). ABC merupakan metode yang terinspirasi dari kehidupan sebuah koloni lebah pada saat mereka mencari sumber makanannya. SA merupakan algoritma yang terinspirasi dari proses annealing. Hybrid algoritma ABC dengan SA adalah gabungan dari kedua algoritma dengan cara menyisipkan proses SA ke proses ABC. Secara umum, proses diawali dengan membangkitkan solusi awal, melakukan proses ABC, pemilihan solusi untuk SA, melakukan proses SA, kemudian dilanjutkan dengan proses ABC. Penyelesaian MTVRP menggunakan hybrid algoritma ABC dengan algoritma SA dibuat dalam bahasa pemrograman C++. Solusi terbaik yang diperoleh pada data kecil yaitu 1454 satuan jarak, sedangkan untuk data besar diperoleh 2936 satuan jarak. Bedasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa semakin banyak iterasi yang dilakukan, maka cenderung diperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM 50-19 Ayu h
Uncontrolled Keywords: Artificial Bee Colony (ABC), Simulated Annealing (SA), Hybrid, Multi-Trips Vehicle Routing Problem (MTVRP)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.L63 Logic, Symbolic, mathematical and Computer logic
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
Refa Angreini Ayuningputri, 081311233028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorAsri Bekti Pratiwi, S.Si.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 27 Jun 2019 09:29
Last Modified: 27 Jun 2019 09:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84225
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item