Pengaruh Jenis Ragi dan Konsentrasi Ragi Terhadap Kualitas Tape Singkong

Fitria Mustianingsih, 081511433008 (2019) Pengaruh Jenis Ragi dan Konsentrasi Ragi Terhadap Kualitas Tape Singkong. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
MPB 29-19 Mus P Abstrak.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
MPB 29-19 Mus P Daftar Isi.pdf

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
MPB 29-19 Mus P Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB)
[img] Text (FULLTEXT)
MPB 29-19 Mus P Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui organoleptik tape singkong yang paling disukai oleh panelis, (2) mengetahui beda variasi jenis ragi, variasi konsentrasi ragi, dan kombinasi keduanya terhadap kadar glukosa dan kadar air tape singkong, (3) mengetahui genus fungi pada ketiga jenis ragi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental rancangan faktorial 3×4. Total perlakuan sebanyak 12 dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah variasi jenis ragi (Gedhang, LBC, dan NKL) dan faktor kedua adalah variasi konsentrasi ragi (0,4%, 0,6%, 0,8%, dan 1%). Parameter yang diuji adalah organoleptik dan tingkat kesukaan panelis terhadap tape singkong, kadar glukosa, dan kadar air. Serta dilakukan identifikasi genus fungi pada ketiga jenis ragi. Data uji organoleptik dan identifikasi dianalisis secara deskriptif. Sedangkan, kadar glukosa dan kadar air dianalis menggunakan uji Brown Forsythe dilanjutkan dengan uji Games Howell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa organoleptik tape singkong yang paling disukai adalah rasa manis, aroma khas tape, tekstur lembut, dan warna agak kuning. Variasi jenis ragi tidak memberikan beda terhadap kadar glukosa, tetapi memberikan beda terhadap kadar air. Variasi konsentrasi ragi memberikan beda terhadap kadar glukosa dan kadar air. Variasi kombinasi jenis dan konsentrasi ragi memberikan beda terhadap kadar glukosa dan kadar air. Genus fungi pada ragi Gedhang yaitu Candida, Rhizopus, dan Mucor. Pada ragi LBC yaitu Rhizopus, Saccharomyces, Mucor, dan Pichia. Pada ragi NKL yaitu Candida, Pichia, Mucor, dan Aspergillus. Kata Kunci: Fermentasi Tape Singkong, Organoleptik, Kadar glukosa, Kadar air, Jenis Ragi, Konsentrasi Ragi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MPB 29-19 Mus P
Uncontrolled Keywords: Fermentasi Tape Singkong, Organoleptik, Kadar glukosa, Kadar air, Jenis Ragi, Konsentrasi Ragi. Fermentation of CassavaTapai, Organoleptic, Glucose Level, Water Level, Types of Yeast, Concentration of Yeast
Subjects: Q Science
Q Science > QR Microbiology
Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Fitria Mustianingsih, 081511433008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Supriyanto, Drs., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorTri Nurhariyati, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 27 Jun 2019 14:00
Last Modified: 27 Jun 2019 14:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84263
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item