Pemodelan Banyaknya Mycobacterium Tuberculosis Pada Citra Dahak Penderita Tuberkulosis dengan Pendekatan Regresi Nonparametrik Aditif Poisson Berdasarkan Estimator Lokal Linier

Yolanda Swastika Yonani, 081511833013 (2019) Pemodelan Banyaknya Mycobacterium Tuberculosis Pada Citra Dahak Penderita Tuberkulosis dengan Pendekatan Regresi Nonparametrik Aditif Poisson Berdasarkan Estimator Lokal Linier. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ST.S 24-19 Yon P Abstrak.pdf

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
ST.S 24-19 Yon P Daftar Isi.pdf

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
ST.S 24-19 Yon P Daftar Pustaka.pdf

Download (53kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST.S 24-19 Yon P Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Perhitungan banyak bakteri dalam dahak merupakan metode yang efektif untuk mendeteksi penyakit tuberkulosis, dikarenakan mempunyai sensitivitas yang tinggi. Namun para ahli patologi membutuhkan waktu yang relatif lama sehingga diperlukan perhitungan otomatis bakteri. Penelitian tentang bakteri tuberkulosis sebelumnya sebatas mendeteksi ada tidaknya Mycobacterium tuberculosis pada citra dahak dan dilakukan dengan pendekatan matematis komputasi. Skripsi ini bertujuan untuk memodelkan banyaknya Mycobacterium tuberculosis dan ketepatan klasifikasi tingkat keparahan tuberkulosis menggunakan pendekatan statistika. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu pengolahan citra, pereduksi dimensi dengan Transformasi Wavelet Diskret (TWD) dan Partial Least Square (PLS), dan pemodelan banyaknya bakteri dengan regresi nonparametrik aditif poisson berdasarkan estimator lokal linier. Data yang digunakan terdiri dari 100 citra dahak dengan 75 citra digunakan untuk membuat model (insample), serta sebanyak 25 citra untuk validasi model (outsample). Variabel respon yang digunakan yaitu banyak bakteri yang terkandung dalam citra dahak, sedangkan variabel prediktor merupakan hasil reduksi dimensi sebanyak 5 prediktor. Hasil pengestimasian data insample dan outsample diperoleh nilai deviance sebesar 28,41017 dan 3,67954, serta ketepatan klasifikasi tingkat keparahan tuberkulosis sebesar 92,75%. Berdasarkan nilai deviance dan nilai ketepatan klasifikasi dapat disimpulkan bahwa model regresi nonparametrik aditif poisson berdasarkan estimator lokal linier yang dihasilkan sudah baik dan dapat digunakan untuk pemodelan banyaknya Mycobacetrium tuberculosis pada citra dahak penderita tuberkulosis dan pengklasifikasian tingkat keparahan tuberkulosis. Kata Kunci : Mycobacterium tuberculosis, Image Processing, Transformasi Wavelet Diskret, Partial Least Square, Lokal Linier.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ST.S 24-19 Yon P
Uncontrolled Keywords: Mycobacterium tuberculosis, Image Processing, Transformasi Wavelet Diskret, Partial Least Square, Lokal Linier.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1 Mathematics (General)
Q Science > QA Mathematics > QA273-280 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
Yolanda Swastika Yonani, 081511833013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Chamidah, Dr.,M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorElly Ana, Ir. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 27 Jun 2019 15:27
Last Modified: 27 Jun 2019 15:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84265
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item