Penggambaran Kelompok Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender Pada Sampul Majalah Indonesia (Analisis Semiotik Sampul Majalah TEMPO Edisi 5-11 Februari 2018 dan GATRA Edisi 4-10 Februari 2016)

Putri Ratnapeni Anindita, 071511533050 (2019) Penggambaran Kelompok Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender Pada Sampul Majalah Indonesia (Analisis Semiotik Sampul Majalah TEMPO Edisi 5-11 Februari 2018 dan GATRA Edisi 4-10 Februari 2016). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FIS K 41 19 Ani p ABSTRAK.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FIS K 41 19 Ani p DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FIS K 41 19 Ani p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS K 41 19 Ani p FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
FIS K 41 19 Ani p JURNAL.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Isu LGBT kini tengah menjadi isu yang ramai diperbincangkan di Indonesia. Namun, dari terangkatnya isu LGBT ke dalam sorotan tersebut, banyak masyarakat Indonesia yang justru melihatnya dari sudut pandang negatif sebagai isu yang melanggar ketetapan nilai-nilai Pancasila. Memahami bagaimana majalah memiliki sejarah historis yang dekat dengan isu LGBT, hal tersebut kemudian menjadi menarik untuk diteliti lebih lanjut dengan menggunakan medium majalah, Penelitian dengan menggunakan medium majalah ini nantinya akan mengungkapkan bagaimana media massa mengangkat isu LGBT di dalam pemberitaan mereka. Majalah TEMPO dan GATRA adalah majalah yang dipilih sebagai medium penelitian kali ini. TEMPO dan GATRA dipilih dengan alasan kedua majalah tersebut memiliki signifikansi yang linear dengan isu LGBT. Dan mengingat sampul adalah elemen terpenting yang dari majalah, maka penelitian ini nantinya akan berfokus pada sampul sebagai objek penelitian. Analisa yang akan dilakukan oleh peneliti adalah analisa terhadap makna dari tanda-tanda yang ada di dalam sampul majalah tersebut. Hasil analisa yang peneliti dapat dari sampul majalah TEMPO adalah, isu LGBT ini disorot oleh majalah TEMPO sebagai komoditas dengan muatan politik yang besar. Isu LGBT ini dipolitisasi oleh dua kubu yang saling berselisih, yaitu kubu pemerintah petahana dan kubu kelompok islam ekstrimis (non-petahana). Adapun untuk GATRA, peneliti melihatnya bahwa GATRA secara tidak langsung “menggiring” opini atas kelompok LGBT itu sendiri sebagai kelompok yang dekat dengan ranah-ranah seksualitas, dan karenanya isu harus dicermati dengan tingkat kewaspadaan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 41/19 Ani p
Uncontrolled Keywords: Semiotik, C. S. Peirce, LGBT, Sampul Majalah, Indonesia
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Putri Ratnapeni Anindita, 071511533050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYayan Sakti Suryandaru, Dr.,S.sos.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:44
Last Modified: 28 Jun 2019 04:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84313
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item