MEKANISME SURVIVAL PENGUSAHA INDUSTRI RUMAHAN KOPIAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN

Nanda Rifka Naufia, 071511433007 (2019) MEKANISME SURVIVAL PENGUSAHA INDUSTRI RUMAHAN KOPIAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FIS S 20 19 Nau m ABSTRAK.PDF

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FIS S 20 19 Nau m DAFTAR ISI.PDF

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FIS S 20 19 Nau m DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (414kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS S 20 19 Nau m FULLTEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
FIS S 20 19 Nau m JURNAL.pdf

Download (325kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mekanisme survival yang dilakukan pengusaha kopiah dalam menghadapi persaingan dengan industri menengah besar dan mempertahankan industrinya. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan teori mekanisme survival dari George Carner dan teori pendukung tentang Putting Out System. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball, informan terdiri dari 10 informan. Berdasarkan hasil penelitian ini, persaingan yang dialami pengusaha meliputi, persaingan yang tidak sehat maksudnya melakukan perbuatan musyrik, persaingan dengan pengusaha yang memproduksi kopiah warna putih, ada juga pengusaha kopiah yang tidak merasa adanya persaingan. Hambatan yang dialami pengusaha kopiah yaitu kurangnya modal, bahan baku harganya naik sementara toko atau pelanggan tidak mau harga dinaikkan, jika permintaan kopiah ramai pekerja banyak yang tidak bisa memproduksi kopiah dengan alasan sibuk. Industri rumahan kopiah ini mengalami dua musim, musim ramai yaitu pada saat tiga bulan sebelum bulan Ramadhan sampai menjelang Hari raya, dan pada saat memasuki tahun ajaran baru sekolah. Pada saat musim sepi pengusaha tetap mempekerjakan penjahit, tetapi hanya bisa menyetok kopiah saja. Mekanisme survival pengusaha dan penjahit kopiah juga berbeda-beda, pengusaha kerjasama dengan pengusaha lain yang usahanya cukup besar, menjaga kualitas kopiahnya, mempertahankan bahannya, tetap mempertahankan motif kopiah, serta mencari ide lain untuk membuat motif kopiah yang lebih bervariasi, pengusaha tidak akan mengirim kopiah ke pelanggan atau pembeli jika harga tidak mau dinaikkan, serta mempunyai pekerjaan sampingan yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S 20/19 Nau m
Uncontrolled Keywords: Mekanisme Survival, Industri Rumahan, Pengusaha Kopiah
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K201-487 Jurisprudence. Philosophy and theory of law > K321-474 Schools of legal theory > K366-380 Sociology of law. Sociological jurisprudence
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Nanda Rifka Naufia, 071511433007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutinah, Dr, , Dra.,MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:50
Last Modified: 28 Jun 2019 04:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84316
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item