DENNY SAGITA, 049611206 E
(2005)
PENGIMPLEMENTASIAN STRATEGI DENGAN BALANCED SCORECARD PADA CV. TIMUR AGUNG DI SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Di era globalisasi saat ini terjadi perubahan-perubahan yang berdampak besar terhadap lingkungan bisnis perusahaan. Globalisasi juga menyebabkan persaingan antar perusahaan mengalami perubahan yaitu dari era industri menjadi era informasi. Perubahan era ini juga merubah pandangan dari yang semula berfokus pada lingkungan di dalam perusahaan (industri) menjadi berfokus pada konsumen atau yang berfokus pada lingkungan yang berada di luar perusahaan. Fokus konsumen ini dapat dicapai dengan menciptakan dan menyajikan produk dan jasa yang bernilai bagi konsumen. Fokus konsumen yang pada akhirnya menciptakan customer satisfaction ini dapat dicapai melalui penerapan strategi.
Pengukuran kinerja finansial dipandang tidak lagi memadai karena sifatnya terlalu agresif, dirnana pengukuran itu didasarkan pada laporan keuangan perusahaan yang tidak bisa memasukkan faktor-faktor kunci sukses (critical succes factor) yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini disebabkan pengukuran tersebut dilakukan dalam ukuran moneter, yang tentu saja tidak dapat memberikan saran-saran perbaikan terhadap aktivitas kinerja operasional serta kurangnya indikator yang dapat memberikan informasi mengenai strategi yang diterapkan oleh perusahaan. dengan kondisi seperti ini, maka perlu adanya proses pengambilan keputusan dengan dukungan sistem tolok ukur kinerja yang integratif yang sating terkait didalam hubungan sebab akibat, secara internal konsisten dengan Visi, Misi dan Strategi organisasi, serta mampu memberikan umpan balik yang responsif dalam waktu yang cepat.
Balanced Scorecard digunakan sebagai sistem manajemen strategik untuk mengelola strategi perusahaan dalam jangka panjang. Untuk mencapai hal tersebut konsep Balanced Scorecard perlu diterapkan, dengan menjabarkan visi, misi, dan strategi CV. Timur Agung ke dalam 4 perspektif yaitu perspektif keuangan (financial perspektive), perspektif pelanggan (customers perspective), perspektif bisnis internal (internal business perspective), dan perspektif pertumbuhan dan pernbelajaran (learning and growth perspective). Papa konsep Balanced Scorecard keempat perspektifnya didukung dan dilihat dari beberapa faktor keberhasilan kritis (critical success factors)yang merupakan tolak ukur dari aspek-aspekkinerja terhadap implementasi strategi yang penting untuk menjaga keunggulan kompetitifnya serta keberhasilannya berjalan seimbang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui survey yang dilakukan untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan baik yang berupa kualitatif maupun kuantitatif Kemudian data yang telah diolah dibandingkan dengan landasan teori yang ada, sehingga diperoleh pengimplementasian Balanced Scorecard dengan kerangka kerja yang seusuai dengan kondisi yang ada.
Pengimplementasimi strategi dengan konsep Balanced Scorecard sangat diperlukan oleh CV. Timur Agung untuk proses peninglcatan kualitas produk dan jasa yang diberikan kepada pelanggan.
Actions (login required)
|
View Item |