Pengaruh Penerapan Sistem Monitoring Pekaporan Pembayaran Pajak (MP3) terhadap Tingkat Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak (Studi empiris pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Bagian Timur I)

Meinanti Somya Lasmana, 090214817 M (2004) Pengaruh Penerapan Sistem Monitoring Pekaporan Pembayaran Pajak (MP3) terhadap Tingkat Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak (Studi empiris pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Bagian Timur I). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (634kB)
[img] Text (fulltext)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tahun 2004 rencana penerimaan negara dari pajak sebesar Rp. 272,1 triliun atau sekitar 78% dari total penerimaan yang diperkirakan sebesar Rp. 349,9 triliun (Nota keuangan dan APBN 2004). Pajak diharapkan dapat menjadi pendukung rencana pemerintah dalam menciptakan APBN mandiri. Dalam rangka mewujudkan APBN mandiri tersebut, maka Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melakukan beberapa stategi antara lain: Tingkat kepatuhan perpajakan masyarakat. Dalam hal mengimplementasikan strategi tersebut, pemerintah telah melakukan pembaruan administrasi perpajakan dengan mengedepankan sistem informasi perpajakan yang serba canggih dan terbuka, untuk memudahkan WP dalam melaksanakan kewajiban pajaknya, yaitu dengan mengimplementasikan sistem MP3.Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendapatkan bukti empiris apakah penerapan sistem MP# yang diterima (perceived)sesuai dengan yang diharapkan (expected)oleh PKP dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. (2) Untuk menguji secara empiris apakah penerapan sistem monitoring pelaporan pembayaran pajak (MP3) dalam layanan kemudahan pembayaran pajak bagi PKP berpengaruh terhadap tingkat kepuasan PKP. (3) Untuk menguji secara empiris apakah penerapan sistem Monitoring Pelaporan Pembayaran Pajak (MP3) dapat meningkatkan kepatuhan PKP. (4) Untuk mengetahui dan menguji secara empiris apakah tingkat kepuasan PKP berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepatuhan PKP.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TEA 05/05 Las p
Uncontrolled Keywords: pajak, kepiasan, tax,
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Meinanti Somya Lasmana, 090214817 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Made Narsa, NIDN0027066503UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 09 Jul 2019 07:34
Last Modified: 09 Jul 2019 07:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84764
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item