HUBUNGAN FAKTOR PERSONAL DAN INTERPERSONAL DENGAN KEPATUHAN MEDIKASI PENDERITA TB PARU DI PUSKESMAS WILAYAH SURABAYA UTARA

Diana Nurani Rokhmah, 131411133007 (2019) HUBUNGAN FAKTOR PERSONAL DAN INTERPERSONAL DENGAN KEPATUHAN MEDIKASI PENDERITA TB PARU DI PUSKESMAS WILAYAH SURABAYA UTARA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (306kB)
[img] Text (daftar isi)
daftar isi.pdf

Download (98kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (208kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (1MB)
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit Tuberkulosis (TB) Paru merupakan penyakit menular yang menjadi masalah kesehatan utama di dunia. Keberhasilan pengobatan dipengaruhi oleh tingkat kepatuhan. Faktor personal seperti stigma masyarakat dan faktor interpersonal yaitu dukungan sosial dapat berpengaruh dalam kepatuhan medikasi penderita TB Paru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor personal dan interpersonal dengan kepatuhan medikasi pada penderita TB Paru di Puskesmas Wilayah Surabaya Utara. Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, sampel penelitian 99 orang didapatkan dari purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisoner dan dianalisis menggunakan uji Spearman’s Rho dengan nilai signifikan α <0,05. Hasil: Hasil dari analisis data penelitian ini, diperoleh nilai koefisien korelasi antara faktor personal (stigma diri) dengan kepatuhan medikasi sebesar 0,593 dengan taraf signifikansi 0,000 (α<0,05) dan untuk hasil nilai koefisien korelasi antara faktor interpersonal (dukungan sosial) dengan kepatuhan medikasi sebesar 0,669 dengan taraf signifikansi 0,000 (α<0,05) Diskusi: Terdapat hubungan positif yang bermakna diantara kedua variabel independen (stigma diri dan dukungan sosial) dengan variabel dependen (kepatuhan medikasi). Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mencari faktor dominan yang dapat mempengaruhi kepatuhan medikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 60/19 Rok h
Uncontrolled Keywords: Pulmonary tuberculosis, self stigma, social support, medication discipline.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Diana Nurani Rokhmah, 131411133007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLaily hidayati, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2019 06:24
Last Modified: 10 Jul 2019 06:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84816
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item